Hubungan antara aktivitas mengecap menggunakan wortel dengan kemampuan motorik halus anak usia dini: Penelitian di kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Amalia, Ayu (2024) Hubungan antara aktivitas mengecap menggunakan wortel dengan kemampuan motorik halus anak usia dini: Penelitian di kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung bahwa Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel ini adalah Aktivitas pembelajaran yang biasa dilaksanakan. Selama Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel anak-anak sangat antusias. Namun, pihak lain kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini belum berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel di Kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung; 2) Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dan; 3) Hubungan Antara Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Aktivitas Mengecap menggunakan wortel merupakan aktivitas seni grafis dua dimensi yaitu suatu aktivitas bakat penyaluran kreatif karena beri kesempatan pada anak untuk bereksplorasi. Aktivitas mengecap dapat menstimulasi aspek perkembangan motorik halus anak usia dini pada indikator koordinasi antara mata dan tangan, pengendalian gerakan tangan dan pergelangan tangan serta gerakan jari-jemari. Metode penelitian yang digunakan yaitu korelasional. Responden penelitian ini berjumlah 10 orang anak di Kelompok B RA Al-Gozali Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, sampel yang diambil dengan teknik total sampling (sampling jenuh) yang artinya seluruh populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Observasi, unjuk kerja dan studi dokumen. Hasil analisis data disimpulkan bahwa Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel memperoleh nilai rata-rata sebesar 85. Angka ini berada pada interval 80-100 atau berada di kategori sangat baik. Sedangkan pada Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini memperoleh nilai rata-rata 93 atau berada pada interval 80-100 atau kategori sangat baik. Hubungan Antara Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini dianalisis melalui rumus korelasi product moment, diperoleh r hitung sebesar = 0,63 pada interval 0,600-0,799 dengan kategori kuat. Hasil uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar = 4,622 > ttabel = 2,306. Dapat disimpulkan Ho (hipotesis nol) di tolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia dini. Adapun kontribusi Aktivitas Mengecap Menggunakan Wortel terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini yaitu sebesar 39%. Artinya 61% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Mengecap; Media Wortel; Motorik Halus
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ayu Amalia Amalia
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:15
Last Modified: 22 Jul 2024 06:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92309

Actions (login required)

View Item View Item