Kaniati, Rosna Dewi (2024) Pengaruh manajemen pendidikan karakter disiplin terhadap mutu lulusan madrasah: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembiasaan yang dilakukan di 5 (lima) Madrasah Tsanawiyah Swata melalui pendidikan karakter disiplin serta diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, dalam pelaksanaan terdapat beberapa masalah, diantaranya masih ada peserta didik yang belum sepenuhnya melaksanakan peraturan madrasah, seperti terlambat datang, tidak mengerjakan tugas, mengabaikan piket kelas. Bahkan ketika aktivitas di dalam kelas masih perlu bimbingan dari wali kelasnya. Dengan mengintegrasikan pendidikan karakter disiplin dalam kurikulum dan lingkungan pembelajaran madrasah, diharapkan dapat meningkatkan mutu lulusan sehingga akan memiliki karakter yang kuat dan siap melewati tuntutan kehidupan di masa depan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter disiplin terhadap mutu lulusan madrasah di Madrasah Tsanawiyah Swasta Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian yaitu metode statistik deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket/kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 90 peserta didik. Kemudian untuk teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), analisis statistik inferensial (analisis parsial indikator dan interpretasi variabel), analisis asumsi (uji normalitas data dan linearitas), uji hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji T parsial, dan uji koefisisen determinasi). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa realitas variabel (X) manajemen pendidikan karakter disiplin di madrasah tersebut bernilai 3,34 yang termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”, artinya manajemen pendidikan karakter disiplin dilaksanakan secara efektif di MTs Swasta Kota Bandung, dengan menerapkan pembiasaan disiplin berdasarkan 4 indikator pendidikan karakter disiplin. Kemudian, hasil realitas variabel (Y) mutu lulusan madrasah menunjukan nilai sebesar 3,20 yang termasuk dalam kategori “Tinggi”, artinya adanya hasil atau mutu lulusan yang memiliki sikap positif di MTs Swasta Kota Bandung. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R square), diperoleh nilai 0,449, dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh variabel bebas (pendidikan karakter disiplin) terhadap variabel terikat (mutu lulusan madrasah) yaitu sebesar 44,9% sedangkan 55,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti seperti, pembiayaan, SDM, kurikulum, sarana prasarana dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter; Disiplin; Mutu Lulusan |
Subjects: | Islam Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline General Management > Control and Quality Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rosna Dewi Kaniati |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 03:59 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92313 |
Actions (login required)
View Item |