Hubungan minat baca dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Miftahul Falah Kota Bandung

Sari, Romi Atika (2024) Hubungan minat baca dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (4).pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah empirik yang terjadi di sekolah MI Miftahul Falah, berdasarkan dari hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa minat baca peserta didik sangat kurang. Hal tersebut dilihat dari kecenderungan siswa yang menawar teks bacaan yang panjang dan tidak menyelesaikan baacan tersebut, sedikit yang berminat dalam membaca bacaan diluar jam pelajaran, dan masih terdapat 3 orang peserta didik yang masih terbata-bata dalam membaca, juga dalam proses kegiatan pembelajaran siswa yang aktif bertanya dan menjawab hanya sedikit. Adapun tujuan penelitian yang peneliti rumuskan adalah 1) untuk mengetahui kondisi minat baca peserta didik kelas V MI Miftahul Falah Kota Bandung, 2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V MI Miftahul Falah, dan 3) untuk mengetahui hubungan antara minat baca dengan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas V MI Miftahul Falah. Teori yang mendasari penelitian ini adalah bahwa minat baca yang tinggi akan mempengaruhi kemampuan berpikir kritis seseorang, karena dengan membaca akan membuka luas wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga menimbulkan kemampuan dalam menginterpretasi, menganalisis, dan mengevaluasi. Sedangkan minat baca seseorang dapat diukur dengan indikator berikut: 1) atensi membaca, 2) kegemaran membaca, 3) waktu membaca, dan 4) jumlah buku bacaan. Penelitian ini diperoleh dari 56 orang responden dengan metode yang digunakan berupa kuantitatif menggunakan pendekatan korelasi, dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi, tes, dan juga dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan inferensial, yang mencakup 1) uji analisis regresi 2) uji normalitas, 3) uji homogenitas, 4) uji independent sample t-test, 5) uji linearitas, dan 6) uji korelasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa data kedua kelompok dinyatakan berdistribusi normal, bervariansi yang sama, terdapat perbedaan nilai mean yang signifikan dari hasil minat baca, tetapi tidak ada perbedaan nilai mean yang signifikan dari kemampuan berpikir kritis, lalu kedua variabel dinyatakan linear dan memiliki hubungan. Kemudian perolehan minat baca dan kemampuan berpikir kritis siswa ada pada kriteria yang sama, yaitu rendah. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat hubungan diantara kedua variabel tersebut, hubungan yang didapat berupa hubungan yang positif dengan derajat hubungan yang cukup kuat yaitu dengan nilai 0,529 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Minat Baca; Berpikir Kritis; Bahasa Indonesia
Subjects: Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Romi Atika Sari
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:13
Last Modified: 19 Jul 2024 07:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92331

Actions (login required)

View Item View Item