analisis framing berita konflik Israel-Palestina di media daring: Studi pada media Fox News dan CNN Indonesia edisi 7 Oktober 2023

Agustini, Santi (2024) analisis framing berita konflik Israel-Palestina di media daring: Studi pada media Fox News dan CNN Indonesia edisi 7 Oktober 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

7 Oktober 2023 menandai kembali pecahnya ketegangan antara Israel dan Palestina. Beragam pemberitaan tentang konflik ini hadir di banyak media di seluruh dunia. Setiap media punya cara tersendiri dalam menyajikan berita konflik Israel-Palestina ini. Media dengan kekuatan dan pengaruhnya, dapat melakukan pembingkaian atau framing untuk suatu isu tertentu. Media di Barat dan Indonesia memiliki perbedaan dalam membingkai isu Konflik Israel-Palestina. Perbedaan pembingkaian ini berkemungkinan dapat menimbulkan perbedaan perspektif pula pada khalayak. Atas dasar hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana media daring di Barat dan Indonesia dalam memberitakan Konflik Israel-Palestina. Penelitian ini menggunakan teori framing dan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memakai metode analisis framing model Robert M. Entman yang meliputi define problems, diagnose causes, make moral judgement, serta treatment recommendation. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan, ialah dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan cara pembingkaian antara Fox News dan CNN Indonesia. Fox News sebagai media barat, membingkai Kelompok Hamas sebagai kelompok teroris dan mengabaikan pendudukan Israel terhadap warga Palestina. Sementara CNN Indonesia menyebut Hamas sebagai para pejuang Palestina yang bertahan mempertahankan tanah airnya., meski tidak secara eksplisit melegitimasi serangan 7 Oktober 2023. Perbedaan cara pandang kedua media ini cukup dipengaruhi oleh situasi politik, budaya serta nilai-nilai agama di tempat kedua media ini berada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konflik Israel-Palestina; Framing; Robert M. Entman; Fox News; CNN Indonesia
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Journalism and Newspapers in Indonesia > Journalism and Newspapers in United States
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Santi Agustini
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:18
Last Modified: 22 Jul 2024 01:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92386

Actions (login required)

View Item View Item