Pemanfaaatan teknologi digital dalam memberikan pelayanan publik di kantor Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Alfiah, Alfiah (2024) Pemanfaaatan teknologi digital dalam memberikan pelayanan publik di kantor Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSATAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Peran teknologi pada era ini menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah, meningkatkan efisiensi dan juga efektivitas dalam pelayanan, sehingga kualitas pelayanan publik juga dapat meningkat. Kecamatan adalah bagian dari pemerintahan di tingkat daerah yang bertugas menyediakan pelayanan publik yang sifatnya operasional kepada Masyarakat. Sehingga penting memanfaatkan teknologi Informasi dengan membuat inovasi dalam memberikan pelayanan publik. Permasalahan dalam penelitian ini ialah minimnya inovasi dalam pelayanan publik kantor Kecamatan Cileunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi informasi di kantor Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dengan menggunakan teori pemanfaatan teknologi informasi Thompson yaitu: intensity of use, frekuency of use, dan divercity of software package used. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan adalah teori dari miles dan hubeman yaitu reduksi data, penyaji data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kantor Kecamatan Cileunyi memiliki minat dalam memanfaatan teknologi informasi, ini ditunjukan dengan terus meningkatkan kemampuan pegawai dalam menggunakan peralatan teknologi dengan selalu memberikan sosialisasi serta prakteknya walaupun tidak secara maksimal serta menyediakan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Pegawai sering menggunakan peralatan teknologi dalam pelayanan publik hingga menghabiskan waktu kurang lebih delapan jam sesuai jam kerja. Adapun aplikasi yang digunakan untuk memberikan pelayanan publik yaitu media whatsapp, e-mail, website, Instagram. walaupun demikian, pemanfaatan teknologi informasi belum dilaksanakan secara maksimal karena pelayanan administrasi dilakukan secara online tapi tidak keseluruhan berbasis teknologi. Kemudian dalam pelayanan informasi, informasi-informasi masih kurang memadai. Adapun faktor pendukung yaitu ketersediaan sarana dan prasarana, kecepatan dan kemudahan dalam pelayanan publik, dan faktor penghambat yaitu dari sumber daya manusia itu sendiri seperti tingkat Pendidikan dan usia, kurangnya pemahaman masyarakat serta ketidakstabilan jaringan internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: teknologi digital; pelayanan publik; pemanfaatan teknologi informasi
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Alfiah Alfiah
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:00
Last Modified: 22 Jul 2024 02:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92403

Actions (login required)

View Item View Item