Shifa, Aulikha Fiony Cahyani (2024) Pengaruh kegiatan munadzarah terhadap keterampilan argumentasi santri: Studi pada santri Pondok Pesantren Pembangunan Yayasan Pembangunan Pendidikan Al-Mu'awanah Mandirancan Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (391kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
Abstract
Munadzarah merupakan salah satu metode pembelajaran Islam tradisional yang berfokus pada kemampuan dialog dan diskusi untuk menggali makna dan pemahaman mendalam akan suatu topik. Kegiatan munadzarah di pesantren menjadi wadah bagi para santri untuk melatih keterampilan berbicara, berpikir kritis, dan membangun argumen yang kuat, logis, dan dapat dipertanggungjawabkan. Melalui munadzarah, para santri didorong untuk memperluas wawasan, memahami berbagai perspektif, dan mampu mengemukakan pendapatnya dengan santun dan objektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh kegiatan munadzarah terhadap keterampilan argumentasi santri pada santri Pondok Pesantren Pembangunan Yayasan Pembangunan Pendidikan Al-Mu’awanah Kuningan Mandirancan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori SOR yang dikemukakan oleh Carl Hovland, Carl I. Janis dan Harold Kelley. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif, yang mana peneliti mendapatkan data dari responden dengan cara mengisi kuesioner. Kuesioner yang diberikan berisi tentang kriteria kegiatan munadzarah yang meliputi penetapan topik dan tujuan, pelaksanaan debat, dan refleksi kegiatan dan kriteria keterampilan argumentasi yang meliputi pernyataan (claim), bukti (evidence), alasan (warrant), bukti dukungan (backing), kualifikasi (qualifier), dan serangan balik (rebuttal). Sampel pada penelitian ini adalah santri kelas 10,11, dan 12 tahun 2023/2024 di Pondok Pesantren Pembangunan Yayasan Pembangunan Pendidikan Al-Mu’awanah Mandirancan Kuningan sebanyak 54 orang. Data yang berhasil dikumpulkan peneliti dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan Teknik Analisa Regresi Sederhana menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini memperoleh koefisien determinasi sebesar 44.5% sedangkan sisanya sebesar 55.5% dipengaruhi faktor lain. Hasil uji hipotesis dapat dibuktikan bahwa nilai signifikansi 0,000 yang berarti <0,05, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas kegiatan munadzarah terhadap keterampilan argumenatsi santri. Hasil regresi (Y): 6,660 + 1,800 (X) menunjukkan bahwa nilai koefisiensi X sebesar 1,800 yang berarti apabila kegiatan munadzarah meningkat 1 poin maka keterampilan argumentasi akan meningkat 1,800 poin.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Munadzarah; Keterampilan Argumentasi; Pondok Pesantren Pembangunan |
Subjects: | Argument and Persuasion Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Aulikha Fiony Cahyani Shifa |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 06:48 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 06:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92444 |
Actions (login required)
View Item |