Respon terhadap penerapan metode STAD (Student Team Achievemnt Division) dan hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI SMA Mekar Arum Cileunyi kabupaten Bandung

Saepulloh, Alif (2024) Respon terhadap penerapan metode STAD (Student Team Achievemnt Division) dan hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI SMA Mekar Arum Cileunyi kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover-1.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-1.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-1.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1-1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan observasi awal di sekolah SMA Mekar Arum Cileunyi kelas XI menunjukan bahwa ada dua penggunaan metode yaitu metode Ceramah dan Metode STAD. Adapun Metode ceramah sudah diterapkan dengan baik. Mestinya nilai siswa di atas KKM (75), namun pada kenyataannya dilain sisi masih ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM dengan persentase 40%. Selain itu telah diterapkan juga metode STAD dengan baik, namun belum diketahui hasil belajar kognitif siswa pada penerapan tersebut. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan Penelitian lebih jauh mengenai Respon siswa terhadap metode STAD dengan hasil belajar kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Respon siswa terhadap penerapan metode STAD di kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung. 3) Hubungan respon siswa terhadap penerapan metode STAD dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Mekar Arum Kabupaten Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa terdapat hubungan antara respon siswa terhadap Penerapan Metode STAD dengan hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik respon siswa terhadap Penerapan Metode STAD maka semakin baik pula hasil belajar kognitif mereka. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden merupakan siswa kelas XI di SMA Mekar Arum Cileunyi berjumlah 30 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, Wawancara, Angket, dan Studi Dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Respon Siswa terhadap Penerapan Metode STAD Kelas XI di SMA Mekara Arum Cileunyi berada pada kategori 3,91 dan termasuk dalam kriteria Tinggi 2) Hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMA Mekar Arum mendapatkan nilai keseluruhan dengan skor interpretasi 77 dan tergolong dalam kategori tinggi. 3) Hubungan Respon Siswa Terhadap Penerapan Metode STAD dengan Hasil Belajar Kognitif mereka di kelas XI di SMA adalah a) Korelasinya termasuk pada kategori Sedang, berdasarkan skor 0,51. b) Hipotesisnya diterima, berdasarkan pengolahan data didapatkan hasil signifikansi (Sig.) 0,003 di mana itu berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, hasil tersebut menyatakan terdapat pengaruh Respon Siswa Terhadap Penerapan Metode STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. c) Kontribusi variable pertama terhadap variable kedua termasuk kategori Cukup, berdasarkan skor 26%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: respon siswa; metode STAD; Hasil Belajar Kognitif; PAI
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alif Alif Saepulloh
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:43
Last Modified: 29 Jul 2024 06:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92510

Actions (login required)

View Item View Item