Penerapan sanksi hukum terhadap pelanggaran AMDAL usaha yang menimbulkan limbah di Kabupaten Bekasi ditinjau dari Siyasah Dusturiyah

Pangestu, Rendi (2023) Penerapan sanksi hukum terhadap pelanggaran AMDAL usaha yang menimbulkan limbah di Kabupaten Bekasi ditinjau dari Siyasah Dusturiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER (3).pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini disusun berdasarkan adanya Peraturan Daerah Kabupaten Bekasi Nomor 3 Tahun 2017 tentang Izin Lingkungan yang dimana peraturan tersebut bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap kelestarian lingkungan hidup dengan upaya pengendalian dan pengawasan pada kegiatan yang berdampak ke lingkungan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sanksi hukum yang telah diberikan oleh DLH kepada para pelanggar belum berdampak signifikan terhadap pencemaran limbah yang masih ditemukan di Kabupaten Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui latar belakang terbitnya izin lingkungan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi. 2) Mengetahui mekanisme penerapan sanksi hukum dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi terhadap badan usaha yang melanggar izin lingkungan. 3) Mengetahui tinjauan siyasah dusturiyah tentang perda izin lingkungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori siyasah dusturiyah yang berkaitan dengan teori al-maslahah al-mursalah mengenai kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi dalam menerapkan sanksi hukum kepada pelanggar izin lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan beberapa petugas dari DLH Kabupaten Bekasi sebagai data primer dan studi pustaka dari literatur-literatur hukum Islam sebagai data sekunder. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan 1) Politik hukum mempengaruhi pembangunan hukum dalam pengelolaan lingkungan hidup dengan menjadi dasar dari kebijakan hukum yang diterapkan. Izin lingkungan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah dapat menjadi upaya untuk mencegah pencemaran, perusakan, dan kerusakan lingkungan daerah. Penegakan hukum di Kabupaten Bekasi dilakukan dengan pembuatan regulasi, penegakan secara kelembagaan, dan penerapan dokumen pengelolaan. 2) Ada 4 tahapan yang dapat diberlakukan oleh dinas lingkungan hidup dalam menerapkan sebuah sanksi sesuai dengan pedoman undang-undang yang berlaku. Pertama, sanksi administrasi secara tertulis, paksaan pemerintah, pencabutan izin, sampai menghentikan kegiatan. 3) Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap penerapan sanksi hukum kepada pelanggar izin lingkungan sudah sesuai dengan prinsip siyasah dusturiyah yaitu prinsip wewenang dan tanggungjawab serta prinsip mengenai rakyat, status dan hak haknya serta tentunya bertujuan/berlandaskan pada asas kemasalahatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Sanksi Hukum; Pelanggaran Amdal; Siyasah Dusturiyah
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Constitutional and Administrative Law > Structure, Powers, Functions of Government
Constitutional and Administrative Law > Specific Jurisdictions and Areas
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Mr. Rendi Pangestu
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:21
Last Modified: 24 Jul 2024 06:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92526

Actions (login required)

View Item View Item