Penerapan konsep keluarga sakinah dalam berpoligami yang dilakukan oleh keluarga AS di Desa Mekar Rahayu Kecamatan Marga Asih Kabupaten Bandung

S, Desri Mulyasari (2007) Penerapan konsep keluarga sakinah dalam berpoligami yang dilakukan oleh keluarga AS di Desa Mekar Rahayu Kecamatan Marga Asih Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keluarga sakinah dalam berpolgami (beristri lebih dari satu) merupakan dambaan setrap pasangan keluarga yang berpoligami. Rumah tangga Rasul adalah Qudwah (teladan) yang abadi dan sempurna. Keluarga yang selalu berusaha mengikuti Tawjih (arahan) Rasul tentu akan dapat membenkan tauladan bagi orang lain Sebagai contoh kongkrit adalah keluarga Asep Hermawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar belakang keluarga Asep Hermawan yang penuh dengan kedamaian meskipun memiliki empat istri. Untuk mengetahui penerapan konsep sakinah dalam berpoligami menurut keluarga Asep Hermawan, Untuk mengetahui manfaat dan madharat penerapan konsep sakinah dalam keluarga poligami menurut keluarga Asep Hermawan. Penelitian ini bertolak dari pemikiran, bahwa masih banyak keluarga muslim yang berpoligami tidak diwarnai dengan keindahan Islam Sehingga tidak dapat mewujudkan keluarga sakinah dalam berpoligami (beristri lebih dan satu) untuk itu diperlukan keteladanan. Dalam hal ini keluarga Asep Hermawan yang mempunyai empat istri dan enam belas anak, meskipun tidak tinggal dalam satu atap tetapi rumah keempat Istrinya tersebut sangat dekat berpinggiran tidak ada pertengkaran dan cek­ cok mereka hidup damai. Asep Hermawan selalu berusaha untuk berpegang pada tuntunan ajaran Islam. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan metode yang digunakan adalah metode studi kasus, kemudian untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa di antara indikator- indikator penerapan konsep keluarga sakinah dalam keluarga poligami yang dilakukan oleh keluarga AS adalah adanya komunikasi antara suami, keempat istri dan enam belas anaknya, kestabilan ekonomi, fasilitas yang seimbang bagi keempat istri, jadwal bermalam dan waktu berkunjung pada pagi hari Kemudian untuk menciptakan ketentraman keluarga dilakukan dengan memberikan masukan atau arahan- arahan, adanya komunikasi, tidak membeda- bedakan antara anak dan istri pertama sampai istri keempat, pembinaan keagamaan keluarga khusus para istri dan anak- anaknya dan islah keluarga. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketentraman keluarga dalam keluarga Asep Hermawan dapat terwujud karena didukung oleh manajemen keluarga yang baik, kemampuan komunikasi dengan keempat istri dan enam belas anaknya, kestabilan ekonomi serta adanya upaya yang dilakukan secara bersama- sama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keluarga sakinah; poligami;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Poligami Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Library Agent
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:51
Last Modified: 05 Aug 2024 06:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92527

Actions (login required)

View Item View Item