Penerapan model pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV sekolah dasar

Anis, Wardah (2024) Penerapan model pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IV sekolah dasar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I-1-14.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Latar belakang dari penyusunan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Pada hasil observasi yang sudah dilakukan, siswa sudah hafal mengenai rumus-rumus yang ada pada materi, namun siswa masih kesulitan dalam mengerjakan soal latihan yang bersifat aplikatif yang membutuhkan kemampuan pemahaman matematis. Hal ini terjadi karena siswa hanya menghafal rumusnya saja tanpa memahami materi konsep yang dipelajari. Pemahaman mantematis merupakan kemampuan yang menyeluruh dan fungsional dalam memahami dan menerapkan suatu konsep matematika guna untuk menyelesaikan permasalahan dalam lingkup matematika. Model pembelajaran ARIAS merupakan model pembelajaran yang memuat komponen-komponen yang dapat membantu siswa dalam menumbuhkan rasa percaya diri, membantu dalam memahami materi dengan melibatkan kehidupan nyata siswa, dan meningkatkan antusias belajar sehingga terpeliharanya minat siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning pada kegiatan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Sampel pada penelitian ini ialah siswa kelas IV di SD Negeri Lokasari Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur pada tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan dokumentasi berupa foto. Berdasarkan hasil uji prasyarat perhitungan N-Gain menunjukan data yang berdistribusi normal dengan hasil perhitungan sig. 0,200 pada kedua kelas, maka dapat dilakukan uji homogentitas dengan hasil perhitungan 0,614 yang memiliki kesimpulan kedua kelas memiliki populasi yang homogen. Penelitian ini menggunakan teknik analisa independent t-test untuk menguji hipotesis pada rumusan masalah dengan hasil perhitungan sig. (1 pihak) 0,001 < 0,05 maka ditolak dengan hipotesis rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model Contextual Teaching Learning. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa karena menekankan untuk menumbuhkan rasa percaya diri siswa sebelum memulai pembelajaran dan memberikan rasa kepuasan ketika siswa mampu menguasai konsep matematis sehingga menjadi motivasi untuk mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; ARIAS; Kemampuan Pemahaman Matematis; Sekolah Dasar
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wardah Ani Wardah Anis
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:30
Last Modified: 24 Jul 2024 04:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92558

Actions (login required)

View Item View Item