Pengembangan bahan ajar Brain Based Learning menggunakan permaianan teka-teki silang pada mata pelajaran Matematika

Pebrianti, Adella (2024) Pengembangan bahan ajar Brain Based Learning menggunakan permaianan teka-teki silang pada mata pelajaran Matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB 2.pdf

Download (747kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis MTSN 2 Bandung, menggunkan media pembeljaran aplikasi Alef sehingga peneliti mengembangkan bahan ajar sebagai referensi media belajar. Bahan Ajar Brain Based Learning Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan Brain Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan bahan ajar;(2) validitas dari bahan ; (3) praktikabilitas dari bahan; (4) efektivitas dari bahan ajar. Metode yang digunakan adalah Metode R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukan validitas media sangat valid pada aspek media oleh ahli media dan aspek materi pada kategori valid oleh ahli materi. Praktikabilitas media mendapatkan kategori sangat praktis. Efektivitas media mendapatkan hasil sangat efektif dengan kategori tinggi. Akan tetapi terdapat kekurangan pada bahan ajar seperti latihan soal teka-teki silang tidak dapat dipakai secara berulang, terdapat asumsi peserta didik yang mengerjakan teka-tika silang belum tentu dapat menyelesaikan pertanyaannya, karena pada teka-teki silang dapat menggunakan intuisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahan ajar; Brain Based Learning; Permainan Teka- teki silang; ADDIE
Subjects: Applied mathematics > Game Theory Mathematics
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Miss Adella Pebrianti
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:24
Last Modified: 26 Jul 2024 03:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92623

Actions (login required)

View Item View Item