Pebrianti, Adella (2024) Pengembangan bahan ajar Brain Based Learning menggunakan permaianan teka-teki silang pada mata pelajaran Matematika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Download (747kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil analisis MTSN 2 Bandung, menggunkan media pembeljaran aplikasi Alef sehingga peneliti mengembangkan bahan ajar sebagai referensi media belajar. Bahan Ajar Brain Based Learning Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan Brain Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan bahan ajar;(2) validitas dari bahan ; (3) praktikabilitas dari bahan; (4) efektivitas dari bahan ajar. Metode yang digunakan adalah Metode R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukan validitas media sangat valid pada aspek media oleh ahli media dan aspek materi pada kategori valid oleh ahli materi. Praktikabilitas media mendapatkan kategori sangat praktis. Efektivitas media mendapatkan hasil sangat efektif dengan kategori tinggi. Akan tetapi terdapat kekurangan pada bahan ajar seperti latihan soal teka-teki silang tidak dapat dipakai secara berulang, terdapat asumsi peserta didik yang mengerjakan teka-tika silang belum tentu dapat menyelesaikan pertanyaannya, karena pada teka-teki silang dapat menggunakan intuisi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan bahan ajar; Brain Based Learning; Permainan Teka- teki silang; ADDIE |
Subjects: | Applied mathematics > Game Theory Mathematics General Management > Research and Development Management (R and D) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miss Adella Pebrianti |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 03:24 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 03:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92623 |
Actions (login required)
View Item |