Tiyas, Ratna Anggraening (2018) Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah dan Beban Promosi terhadap Laba Operasional di PT. Bank Mega Syariah tahun 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (387kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
Abstract
Kegiatan bank syari’ah ada yang di sebut jasa layanan, penghimpunan dana dan penyaluran dana, dalam pembiayaan di perbankan syari’ah, salahsatuakad yang di gunakan adalah akad mudharabah. Mudharabah adalah akad kerja sama antara pemilik dana (shahibul mal) dan pengelola dana (mudharib) untuk melakukan suatu kegiatan tertentu, dan keuntungan dibagi sesuai kesepakatan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.beban promosi adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu produk dari perusahaan tersebut demi meningkatkan penjualan. Laba operasional merupakan pendapatan yang berasal dari kegiatan utama perusahaan dalam suatu periode tertentu, dimana perusahaan mendapatkan laba operasional yang berasal dari keuntungan bagi hasil kegiatan suatu usaha yang telah dikurangi dengan biaya operasional. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Pendapatan Bagi HasilMudharabahterhadap tingkat LabaOperasional PT Bank Mega Syariahsecara parsial, (2) menganalisa pengaruh Beban Promosi Laba Operasional PT Bank Mega Syariahsecara parsial, (3) menganalisa pengaruh Pendapatan Bagi HasilMudharabahdan BebanPromositerhadap Laba Operasional PT Bank Mega Syariahsecara parsial Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2014 – 2016. Tehnik pengumpulan data yaitu kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi23.0 dan microsoft excel 2007 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Secara parsial Pendapatan Bagi HasilMudharabahberpengaruh negatif tidak signifikan terhadapLabaOperasional, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung < Ttabel (-2,331< 2,228). (2) Secara parsialBebanPromosiberpengaruh positif tidak signifikan terhadap Laba Operasional, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung < Ttabel (0,665< 2,228). (3) Secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Pendapatan Bagi HasilMudharabah danBebanPromosi0,4210 atau 42,10% berpengaruh terhadap Laba Operasional, sedangkan sisanya 57,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung< Ftabel (3,277<4,26) dengan tingkat signifikan 0,150%. Artinya, berpengaruh positif tidak signifikan antaraPendapatan Bagi HasilMudharabahdan BebanPromositerhadapLabaOperasional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEndapatan bagi hasil Mudharabah; Beban promosi dan laba operasional |
Subjects: | Administration of Economy Administration of Economy > Administration of Financial Institutions |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah |
Depositing User: | Ratna Anggraening Tiyas |
Date Deposited: | 17 May 2018 03:53 |
Last Modified: | 17 May 2018 03:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/9268 |
Actions (login required)
View Item |