Penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran: Penelitian quasi eksperimen pada siswa di MTs Baiturrahim Kota Cimahi

Priyanto, Herly (2024) Penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran tahsin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran: Penelitian quasi eksperimen pada siswa di MTs Baiturrahim Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan terkait pelaksanaan pembelajaran tahsin dalam kelas, metode yang biasa digunakan guru ialah ceramah diselingi dengan metode talaqqi. Sayangnya, hasil dari metode tersebut belum bisa berjalan dengan efektif , sehingga tidak sedikit dari peserta didik yang kemampuan membaca Al-Qurannya masih belum baik dari segi illmu tajwid maupun makharijul hurufnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) Mengetahui bagaimana proses penerapan metode An-Nahdliyah pada pembelajaran tahsin dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VII di MTs Baiturrahim Kota Cimahi. (2) Mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode An-Nahdliyah terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Quran siswa pada pembelajaran tahsin di kelas VII MTs Baiturrahim Kota Cimahi. Secara teoritis, metode An-Nahdliyah diasumsikan sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik, karena metode dapat menuntut siswa menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah Ha Terdapat pengaruh dari penerapan metode An-Nahdliyah terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Quran siswa di MTs Baiturrahim Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah Pretest and Posttest with Non-equivalent Control Group Design. Bentuk desain tersebut dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Proses pembelajaran dengan menerapkan metode An-Nahdliyah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini berdasarkan pada perolehan hasil observasi dengan skor 84,3% dan 83,3 % termasuk dalam kategori sangat baik, karena skor tersebut berada pada rentang interval 80-100. (2) Kemampuan membaca Al-Quran siswa berdasarkan hasil akhir yang dilihat dari posttest kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 85,80% termasuk dalam kategori baik. Sedangkan posttest kelas kontrol memperoleh rata- rata sebesar 74,25 termasuk dalam kategori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa hasil akhir dari kelas eksperimen lebih baik daripada hasil akhir kelas control. Adapun pengaruh dari penerapan metode An-Nahdliyah terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Quran siswa melalui uji n-gain untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 0,47 termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh rata-rata 0,29 termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan uji t, karena t hitung 7.820 > t tabel 2.024, maka hipotesis diterima. Hal ini menunjukan bahwa metode An-Nahdliyah memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode; An-Nahdliyah; Kemampuan Membaca Al-Quran
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Priyanto Herly
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:49
Last Modified: 26 Jul 2024 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92692

Actions (login required)

View Item View Item