Ilmawati, Amalia Putrina (2024) Bimbingan Islami untuk meningkatkan percaya diri siswa: Penelitian pada siswa Sekolah Dasar Lidzikri School Cipamokolan Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover .pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab I .pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
Bab IV .pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
Abstract
Percaya diri merupakan aspek penting dalam perkembangan anak yang dapat mempengaruhi prestasi dan kesejahteraan psikologis mereka. Di SD Lidzikri School Cipamokolan, terdapat indikasi bahwa tingkat percaya diri siswa perlu ditingkatkan. Karena kurangnya percaya diri dapat berdampak negatif pada motivasi belajar, partisipasi dalam kegiatan sekolah dan hubungan sosial siswa. Beberapa penelitian menunjukan bahwa intervensi berbasis agama dapat memberikan dukungan psikologis yang kuat dan meningkatkan rasa percaya diri. Bimbingan Islami, sebagai pendekatan yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam proses pembelajaran, diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah ini. Penelitin ini bertujuan untuk sebagai berikut : (1) Menjelaskan bimbingan Islami untuk meningkatkan percaya diri siswa di SD Lidzikri School; (2) Menjelaskan perkembangan percaya diri siswa setelah melaksanakan bimbingan Islami; (3) Menjelaskan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan bimbingan Islami untuk meningkatkan percaya diri siswa di SD Lidzikri School Cipamokolan. Penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan interpretif yang dilaksanakan di SD Lidzikri School Cipamokolan, teknik pengumpulan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan Islami berkontribusi signifikan dalam meningkatkan percaya diri siswa di SD Lidzikri School Cipamokolan. Siswa yang menerima bimbingan Islami menunjukkan peningkatan dalam keberanian berbicara di depan umum, partisipasi aktif dalam kelas, berkomunikasi baik dan kepercayaan terhadap kemampuan akamedis mereka. Perubahan ini terlihat melalui observasi perilaku siswa dan pengakuan dari guru serta orang tua. Namun, pelaksanaan bimbingan ini dihadapkan pada beberapa hambatan, seperti keterbatasan waktu, kurangnya dana, dan perbedaan tingkat pemahaman agama di kalangan siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Islami; Kepercayaan Diri; Siswa Sekolah Dasar. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Putrina Ilmawati Amalia |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 08:17 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 08:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/92899 |
Actions (login required)
View Item |