Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dengan Think Pair Share pada mata pelajaran PAI: Penelitian Quasi Experimen pada siswa kelas VIII C dan D materi Hukum bacaan Qalqalah dan RA di SMPN 2 Pusakajaya Subang

Wahyuni, Sri (2017) Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw dengan Think Pair Share pada mata pelajaran PAI: Penelitian Quasi Experimen pada siswa kelas VIII C dan D materi Hukum bacaan Qalqalah dan RA di SMPN 2 Pusakajaya Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di kelas VIII SMP Negeri 2 Pusakajaya Subang, cara mengajar guru masih menggunakan model pembelajaran yang biasa, yang lebih cenderung bersifat berpusat pada guru seperti metode ceramah dimana siswa lebih banyak diam untuk mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran, diantaranya ialah model kooperatif learning tipe Jigsaw dan Think Pair Share, yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Think Pair Share pada materi Hukum bacaan qalqalah dan Ra, mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Hukum Bacaan Qalqalah dan Ra. Model kooperatif tipe jigsaw dan think pair share diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena model jigsaw memiliki kelebihan memungkinkan murid dapat mengembangkan kreativitas, kemampuan, dan daya pemecahan masalah menurut kehendaknya sendiri. Sedangkan model Think pair share memiliki kelebihan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, Memberikan kesempatan kepada siswa untuk kontribusi masing-masing kepada orang lain atau kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain, pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, test tulis multiple choice, studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Subjek subjek peneliti yang digunakan adalah siswa kelas VIII C Model jigsaw 30 siswa dan VIII D Model think pair share 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Penerapan menggunakan model Jigsaw terlaksana dengan baik, berdasarkan hasil observasi pembelajaran yaitu 90% dengan kriteria sangat baik, 2). Penerapan menggunakan model Think Pair Share terlaksana dengan baik, berdasarkan hasil observasi pembelajaran yaitu 86% dengan kriteria sangat baik, 3). Hasil belajar antara kelas model Jigsaw dan Think Pair Share tidak terdapat perbedaan yang signifikan, model Jigsaw dengan nilai N-gain 0,37 dan model Think Pair Share dengan nilai N-gain 0,42 berdasarkan nilai N-gain kedua model tersebut berkriteria sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kooperatif; jigsaw; Think Pair Share; Hasil; Hasil belajar siswa; quasi experimen;
Subjects: Education, Research
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Wahyuni
Date Deposited: 18 May 2018 15:37
Last Modified: 18 May 2018 15:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9293

Actions (login required)

View Item View Item