Tinjauan Fikih Muamalah Maliyyah terhadap praktik kerja sama usaha jual beli sayuran: Studi kasus usaha Los Widuri di Desa Sindangjaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur

Alli, Hamzah (2024) Tinjauan Fikih Muamalah Maliyyah terhadap praktik kerja sama usaha jual beli sayuran: Studi kasus usaha Los Widuri di Desa Sindangjaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Kerja sama usaha merupakan suatu metode yang umumnya digunakan untuk membentuk dan mengelola entitas bisnis dengan tujuan mencapai keuntungan bersama. Kerja sama usaha dalam konteks Fikih Muamalah dapat menggunakan beberapa akad yaitu akad syirkah atau akad muḍarabah. Los Widuri merupakan nama tempat usaha yang dimiliki oleh pengepul sayuran. Pemilik dari usaha tersebut bekerja sama dengan beberapa pihak untuk menjual hasil tani ke pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik kerja sama usaha pemilik usaha di Los Widuri dan menganalisis terhadap praktik kerja sama tersebut dalam tinjauan Fikih Muamalah Maliyyah. Peneltian ini menggunakan akad Syirkah dan akad muḍarabah sebagai landasan teori dari praktik kerja sama. Dua akad tersebut merupakan konsep akad yang mengatur mengenai ketentuan-ketentuan dalam kerja sama usaha. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif, metode ini menggambarkan keadaan objek dan subjek penelitian secara apa adanya dan kesimpulan yang dihasilkan bukan untuk generalisasi suatu keadaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik kerja sama di Los Widuri terdapat dua hubungan hukum akad yaitu hubungan antara pemilik modal dengan pengelola usaha dan hubungan kerja sama antara pembeli dengan penjual. Dalam perspektif Fikih Muamalah Maliyyah, hubungan antara pemilik modal dan pengelola usaha termasuk pada akad muḍarabah sementara hubungan kerja sama antara pembeli dengan penjual termasuk pada akad al-Ba’i.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kerjasama; Los Widuri; Syirkah; Mudarabah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Hamzah Alli
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:57
Last Modified: 07 Aug 2024 02:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93145

Actions (login required)

View Item View Item