Program gerak mengajar desa guna meningkatkan sumber daya manusia: Studi deskritif desa Sukaresmi Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat

Sihab, Fiqri (2024) Program gerak mengajar desa guna meningkatkan sumber daya manusia: Studi deskritif desa Sukaresmi Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)

Abstract

Desa Sukaresmi Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat adalah sebuah wilayah selatan wilayah tertinggal dibandingkan dengan kecamatan lain di dalam ruang lingkup pendidikan, sumber daya alam sumber daya manusia, ekonomi dan kesehatan.Dalam hal tersebut sangatlah memperhatinkan permasalahan yang hadir perlu adanya pandang khusus yang konsen disana perlu adanya sebuah program atau kebiasaan masyarakat yang harus di maksimalkan. Setelah ditelusuri masyarakat Desa Sukaresmi Kecamatan Rongga tidak menganggap pendidikan adalah sektor yang penting, mereka lebih memilih menikah muda atau mencari kerjadan menghasilkan uang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program gerak mengajar desa guna meningkatkan sumber daya manusia. Secara khusus pembahasanya diarahkan untuk menjawab, program gerak mengajar desa langkah langkah program gerak mengajar desa sekaligus dampak program gerak mengajar desa guna meningkatkan sumberdaya manusia di Desa Sukaresmi kecamatan Rongga. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori marzuki merencanakan sesuatu guna memcapai sasaran sekaligus pemanfaatan sumberdaya manusia yang ada. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori pemberdayaan menurut Jim Ife tahun 1997 bahwa pemberdayaan masyarakat dijadikan upaya untuk memandirikan masyarakat dengan potensi yang dimiliki setiap individu maupun kelompok untuk memajukan kesejahteraan individu, kelompok, dan negara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan melakukan pendekatan dekriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data digunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat islam. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana dakwah pemberdayaan masyarakat melalui program gerak mengajar desa berbasis pengabdian dalam memberdayakan perempuan dan masyarakat di desa Sukaresmi kecamatan Rongga kabupaten Bandung Barat. Karena dalam metode ini mampu menjelaskan masalah atau keadaan lingkungan yang sesuai dengan fenomena di lokasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program gerak mengajar desa guna meningkatkan sumberdaya manusia berbasis pengabdian, langkah langkah pelaksanaan meliputi observasi, penentuan lokasi, pelaksanaan program dan dampak program gerak mengajar desa guna meningkatkan sumber daya manusia mencerdaskan masyarakat di Desa Sukaresmi kecamatan Rongga. Penelitian ini bisa di simpulkan bahwa, program gerak mengajar desa guna meningkatkan sumber daya manusia di Desa Sukaresmi kecamatan Rongga berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: gerak mengajar desa; sumber daya manusia
Subjects: Communities
Communities > Villages
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fiqri Sihab
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:25
Last Modified: 08 Aug 2024 07:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93332

Actions (login required)

View Item View Item