Peran PT. Bio Farma melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif di Desa Cipada, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat

Akbar Khatami, Yudha (2024) Peran PT. Bio Farma melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif di Desa Cipada, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Masyarakat Desa Cipada yang memiliki tingkat pengangguran serta kesulitan dalam mengembangkan potensi lokal yang dimiliki. Permasalahan ini terjadi karena terbatasnya fasilitas yang tersedia, tentunya masyarakat dan Desa Cipada ini memiliki potensi lokal yang dapat dikembangkan. Desa Cipada ini memiliki potensi yang sangat baik untuk di kembangkan, tetapi kurangnya pendidikan dan pelatihan masyarakat membuat potensi yang ada menjadi terpendam dan menghambat kemajuan ekonomi masyarakat. Adanya peran program CSR PT. Bio Farma melalui program budidaya kopi dan wisata bukit senyum ini bertujuan agar masyarakat Desa Cipada menjadi masyarakat yang sejahtera. PT. Bio Farma ini bukan hanya mengentas kemiskinan serta keterbelakangan masyarakat saja, tetapi pihak perusahaan pun memberikan pelatihan terhadap pengembangan potensi yang dimiliki oleh masyarakat Desa Cipada. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran CSR PT Bio Farma dalam mensejahterakan masyarakat, baik secara proses, pelaksanaan hingga hasil dari program CSR itu sendiri dalam membantu kesejahteraan masyarakat di Desa Cipada, Kecamatan Cikalong Wetan. Penelitian ini menggunakan teori kesejahteraan menurut Eko (2020) bahwa yang dikatakan kesejahteraan yaitu upaya dalam mengentas kemiskinan serta keterbelakangan masyarakat dan upaya untuk mendorong, memotivasi, serta membangkitkan kesadaran mereka dalam mengembangkan potensinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran program CSR PT. Bio Farma ini menjawab keresahan yang dirasakan oleh masyarakat. Adanya dampak yaitu meningkatnya kesejahteraan masyarakat setelah adanya program CSR PT. Bio Farma di Desa Cipada, hal ini di tunjukan dari hasil observasi dan wawancara banyak responden berpendapat bahwa program CSR PT. Bio Farma sangat membantu masyarakat untuk pendapatkan penghasilan lebih, Mengurangi pengangguran, sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan sehari hari bahkan mereka mampu membuat usaha mereka sendiri. Melalui program CSR ini PT. Bio Farma memberikan program budidaya kopi dan wisata bukit senyum yang menjadi salah satu cara dalam mengentas kemiskinan, serta adanya beberapa pelatihan seperti wawasan tentang pemasaran, pengajaran lahan pertanian, manajemen guide tour, dan lainnya. Hal inipun berdampak kepada masyarakat Desa Cipada dalam aspek ekonomi, infrastruktur, hingga lingkungan yang bersifat berkelanjutan (sustainable).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan; Corporate Social Responsibility ;Masyarakat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yudha Akbar Khatami
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:45
Last Modified: 12 Aug 2024 01:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93411

Actions (login required)

View Item View Item