Pengembangan media pembelajaran berbasis Android menggunakan Software Microsoft Powerpoint berbantuan Ispring Suite 9 dan Website 2 Apk Builder

Sari, Fitria (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis Android menggunakan Software Microsoft Powerpoint berbantuan Ispring Suite 9 dan Website 2 Apk Builder. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Pembelajaran adalah suatu kegiatan pertukaran informasi yang di dalamnya terdapat pengetahuan serta keterampilan. Diperlukan suasana belajar yang menyenangkan dalam proses pembelajaran matematika, salah satunya yaitu pemanfaatan penggunaan media pembelajaran berbasis android. Selama ini proses pembelajaran dilaksanakan dengan metode konvensional, sehingga membutuhkan sumber belajar tambahan berupa media pembelajaran berbasis android. Penggunaan media pembelajaran berbasis android ini sejalan dengan perkembangan teknologi yang terus mengalami kemajuan yang pesat, sehingga menuntut guru untuk dapat melakukan inovasi pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penyebaran angket kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran, sebesar 81% peserta didik membutuhkan media pembelajaran berbasis android sebagai sumber belajar tambahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Alat yang dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis android berbantuan Ispring Suite 9. Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan software microsoft powerpoint berbantuan ispring suite 9 berjalan baik dikembangkan dengan menggunakan metode ADDIE, serta media pembelajaran berbasis android layak digunakan dengan presentase validitas keseluruhan sebesar 94% (sangat valid), presentase kepraktisan peserta didik sebesar 80,5% (praktis), serta presentase efektivitas sebesar 76% (efektif). Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilaksanakan, disarankan penelitian selanjutnya untuk dapat mengembangkan media pembelajaran dengan ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Android; Microsoft Powerpoint; Ispring Suite 9
Subjects: Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitria Sari
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:35
Last Modified: 23 Aug 2024 06:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93504

Actions (login required)

View Item View Item