Andini, Ayu (2024) Pengaruh model Learning Cycle 7e berbantu Virtual Lab terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak (13).pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (485kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6-bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan memahami materi sistem ekskresi yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan model pembelajaran learning cycle 7E berbantu virtual lab. Metode dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen pada materi sistem ekskresi dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta di Cileunyi. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas yang menggunakan model dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas reguler pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang di pilih berdasarkan hasil dari pretest. Instrumen yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa adalah tes berbentuk essay berjumlah 15 soal. Analisis penelitian menggunakan SPSS versi 29. Data hasil penelitian, ditemukan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 80,43, dan kelas kontrol adalah 73,32. Data yang diperoleh pertama diuji untuk normalitas dan homogenitas. Kedua kelas terdistribusi normal dan homogen, diikuti oleh pengujian hipotesis menggunakan uji statistik (Independent Sample T-Test). Nilai sig. sebesar 0,001. Nilai sig. ini berarti lebih kecil dibandingkan 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh model learning cycle 7E terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Learning Cycle 7E; Virtual Lab; Sistem Ekskresi |
Subjects: | Physiology > Cell Biologi, Cytology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ayu Andini |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 03:11 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93527 |
Actions (login required)
View Item |