Fungsi majelis taklim dalam meningkatkan pemahaman keagamaan ibu-ibu: Penelitian pada mejelis taklim Al-Ikhlas RT01/RW01 Kampung Cipadati, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung

Assyiddiqi, Siti Fatimatus Syifa (2023) Fungsi majelis taklim dalam meningkatkan pemahaman keagamaan ibu-ibu: Penelitian pada mejelis taklim Al-Ikhlas RT01/RW01 Kampung Cipadati, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)

Abstract

Majelis taklim merupakan lembaga pendidikan non-formal yang biasanya lebih sering diikuti oleh ibu-ibu di banding bapak-bapak. Kegiatan majelis taklim Al-Ikhlas sangat beragam sehingga hal inilah yang menjadikan majelis taklim berperan dalam meningkatkan pemahaman keagamaan ibu-ibu RT01/RW01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi majelis taklim dalam meningatkan pemahaman keagamaan ibu-ibu RT01/RW01. Penelitiani ini menggunakan teori komunikasi organisasi, dan teori kognitif sosial. Kedua teori ini digunakan oleh penulis sebagai teori paling tepat digunakan dalam penelitian ini dikarenakan tahap penelitian, proses penelitian, dan komponen penelitian yang diperlukan dalam penelitian ada pada kedua teori ini. Hasil penelitian yang diperoleh melalui analisis dari data penelitian dalat disimpulkan bahwa majelis taklim Al-Ikhlas memberi fungsi dalam meningkatkan pemahaman keagamaan dengan menggunakan teori komunikasi organisasi dalam menyampaikan pesan dakwah, dan teori kognitif sosial dalam menerima pemahaman keagamaan, diantarannya sebagai berikut: 1) Observasional learning ibu-ibu majelis taklim Al-Ikhlas RT01/RW11, yaitu memperoleh pemahaman melalui pengamatan terhadap model yang ia amati, dan itu di dapatkan dari da'i, kegiatan majelis taklim, dan lingkungan sosialnya. 2) Reinforcement ibu-ibu majelis taklim Al-Ikhlas RT01/RW1, yaitu memperoleh pemahaman melalui penguatan yang didapatkan dari da'i, kegiatan majelis taklim, dan lingkungan sosialnya. 3. Self-Efficacy ibu-ibu majelis taklim Al-Ikhlas RT01/RW11, yaitu memperoleh pemahaman melalui kepercayaan yang didapatkan dari da'i kegaiatn majelis taklim, dan lingkungan sosialnya. Ketiga konsep teori pemahaman tersebut mampu meningkatkan pemahaman keagamaan ibu-ibu RT01/RW11 melalui majelis taklim Al-Ikhlas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi, Majelis Taklim; Pemahaman; Keagamaan
Subjects: Social Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Fatimatus Syifa Assyiddiqi
Date Deposited: 14 Aug 2024 01:35
Last Modified: 14 Aug 2024 01:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93545

Actions (login required)

View Item View Item