Hubungan antara aktivitas anak usia dini pada penggunaan Large Movable Alphabet dengan kemampuan membaca permulaan: Penelitian kuantitatif di kelompok B1 RA Al-Wafa Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Yazid, Hawwa Nurbani (2024) Hubungan antara aktivitas anak usia dini pada penggunaan Large Movable Alphabet dengan kemampuan membaca permulaan: Penelitian kuantitatif di kelompok B1 RA Al-Wafa Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Kelompok B1 RA Al-Wafa Cileunyi Bandung, penggunaan large movable alphabet anak sudah terampil dalam menggunakanya sehingga anak sudah mengenal huruf. Namun tidak demikian halnya pada kemampuan membaca permulaan, anak kesulitan dalam menghubungkan huruf menjadi kata sederhana, anak belum mampu menghubungkan gambar dengan tulisannya, dan anak belum mampu menghubungkan bunyi huruf dengan bentuknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas large movable alphabet; (2) kemampuan membaca permulaan anak; dan (3) hubungan antara aktivitas large movable alphabet dengan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di Kelompok B1 RA Al-Wafa Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Kemampuan membaca permulaan anak dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah aktivitas large movable alphabet. Large movable alphbaet dapat digunakan untuk meletakan huruf pada garis yang bertujuan mengenalkan anak pada peletakan huruf tertulis yang benar secara berderet. kegiatan memindahkan huruf dari kotak ke papan tulis kemudian dilanjutkan dengan menuliskan huruf satu persatu dengan cara meniruPenelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B1 RA Al-Wafa Cileunyi Bandung yang berjumlah 25 anak. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh, yang mana semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan dokumentasi.Hasil analisis data, menunjukkan aktivitas large movable alphabet diperoleh nilai rata-rata sebesar 84. Angka tersebut berada pada interval 80-100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan membaca permulaan anak diperoleh nilai rata-rata anak yaitu 83. Angka tersebut masuk pada interval 80-100, yang berarti memiliki kualifikasi sangat baik. Hubungan antara aktivitas large movable alphabet dengan kemampuan membaca permulaan anak diperoleh harga koefisien korelasi melalui rumus Spearman Rank sebesar 0,927 angka ini berada pada rentang 0,800 – 0,999 (sangat kuat).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Anak; Kemampuan Membaca; Large Movable Alphabet; Montessori
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hawwa Nurbani Yazid
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:14
Last Modified: 15 Aug 2024 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93588

Actions (login required)

View Item View Item