Nuraeni, Nuraeni (2024) Penerapan metode pembelajaran buzz group untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial : Penelitian quasi eksperimen di Kelas V MI Baitur Rohim Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V MI Baitur Rohim Kota Bandung. Hasil studi pendahuluan terdapat permasalahan dalam nilai hasil belajar kognitif Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V MI Baitur Rohim Kota Bandung ini yang masih rendah. Hal ini dibuktikan dari studi dokumen penilaian harian yang didapati dengan nilai rata-rata 60 dari jumah seluruhnya 50 siswa, ada 54% atau 27 siswa yang belum tuntas dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan sekolah yaitu 70 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterlaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan menggunakan metode Buzz Group dan metode resitasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V MI Baitur Rohim Kota Bandung, 2) peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan metode buzz group dengan yang menggunakan metode resitasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V MI Baitur Rohim Kota Bandung, 3) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode buzz group dengan yang menggunakan metode resitasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V MI Baitur Rohim Kota Bandung. Dengan menggunakan metode buzz group dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa karena dalam pembelajarannya berupa diskusi kelompok yang dapat merangsang keaktifan siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang, dan kelas V-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterlaksanaan metode buzz group dikelas eksperimen sebesar 93,5%, dan metode resitasi dikelas kontrol sebesar 89,5%, kedua kelas memiliki kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest sebelum diterapkan treatment di kelas eksperimen sebesar 52,80, sedangkan di kelas kontrol sebesar 52,84, kedua kelas berada di kategori kurang. Peningkatan kedua kelas terlihat dari hasil uji N-Gain, kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,58 berada pada kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,48 dengan kategori sedang. Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan metode buzz group dengan yang menggunkan metode resitasi yang dibuktikan dengan uji t-independent. Hasilnya menunjukkan nilai asymp.sig sebesar 0,001 yang berarti < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis diterima dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode buzz group dengan siswa yang menggunakan metode resitasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; Metode Buzz Group; Metode Resitasi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nuraeni Nuraeni |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 01:02 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 01:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93633 |
Actions (login required)
View Item |