Penerapan nilai-nilai pendidikan islam pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan disiplin beribadah siswa: Penelitian di MTs Daarul 'Uluum Lido Bogor

Malik, Muhamad Ibnu (2024) Penerapan nilai-nilai pendidikan islam pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan disiplin beribadah siswa: Penelitian di MTs Daarul 'Uluum Lido Bogor. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)

Abstract

Berkembangnya zaman di era globalisasi saat ini banyak membawa fenomena penyimpangan moralitas yang dilakukan oleh generasi muda. Disiplin beribadah menjadi sebuah benteng yang memberikan kedamaian dan arah kehidupan. Disiplin beribadah dapat dilatih melalui penghayatan nilai-nilai pendidikan Islam melalui proses implementasi pada kegiatan kepramukaan. Salah satu lembaga yang menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam ialah MTs Daarul ‘Uluum Lido Bogor melalui kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan disiplin beribadah siswa. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan: 1) desain penerapan, 2) proses penerapan, 3) evaluasi penerapan 4) dan faktor yang mempengaruhi nilai-nilai pendidikan Islam pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan disiplin beribadah siswa di MTs Daarul ‘Uluum Lido Bogor. Penelitian ini berdasarkan pada kerangka pemikiran bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dapat meningkatkan disiplin beribadah siswa melalui proses implementasi pada kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan sebagai wadah siswa dalam menanamkan kecerdasan, moral, dan keterampilan spiritual melalui pembiasaan dan kedisiplinan yang tinggi. Nilai-nilai pendidikan Islam akan tersampaikan pada kegiatan kepramukaan untuk meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif untuk melakukan pengamatan secara rinci tentang fenomena implementasi nilai-nilai pendidikan Islam pada kegiatan kepramukaan yang meningkatkan kedisiplinan beribadah siswa di MTs Daarul ‘Uluum Lido Bogor. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Desain penerapan nilai-nilai pedidikan Islam dilakukan dengan mengadakan musyawarah kerja tahunan, mempersiapkan pembina pramuka yang kompeten, membuat program tahunan, membuat program semesteran, membuat rencana pelaksanaan kegiatan dan membuat kriteria evaluasi penilaian. 2) Proses penerapan nilai-nilai pendidikan Islam (nilai akidah, nilai ibadah dan nilai akhlak) pada kegiatan kepramukaan melalui tahap latihan untuk disiplin beribadah siswa adalah dengan pembiasaan berdoa dan sholat berjamaah, tahap pengembangan kedisiplinan beribadah melalui ketercapaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan ketercapaian Syarat Kecakapan Khusus (SKK) bidang agama, serta pemberian sanksi. 3) Evaluasi penerapannya dilakukan dengan secara mingguan, bulanan dan semesteran. 4) Faktor pendukung adanya motivasi dari teman dan dukungan pembina. Faktor penghambatnya adalah tidak adanya antusias siswa ikut serta kegiatan, kurangnya dukungan teman, adanya pembina yang tidak hadir dalam kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan islam; kegiatan ekstrakurikuler pramuka; disiplin beribadah
Subjects: Islam
Islam > Islamic Worship
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Ibnu Malik
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:11
Last Modified: 19 Aug 2024 02:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93740

Actions (login required)

View Item View Item