Pengaruh kepemimpinan kepala kantor kementerian agama terhadap pengembangan karir pegawai : Penelitian di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat

Hati, Mutiara (2024) Pengaruh kepemimpinan kepala kantor kementerian agama terhadap pengembangan karir pegawai : Penelitian di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Suatu lembaga pemerintah, berhasil tidaknya pelaksanaan tanggung jawab dan administrasi pemerintahan bergantung pada kepemimpinan. Tata kelola yang baik akan dicapai melalui kepemimpinan dan dengan dukungan kemampuan yang sesuai dari organisasi pemerintah. Melalui tugas kepimpinan yang mendorong bawahan supaya memiliki kompetensi dan kesempatan dalam mengantisipasi setiap tantangan dan peluang dalam bekerja. Sehingga kemampuan pemimpin dalam menggerakkan dan memberdayakan pegawai akan mempengaruhi pengembangan karirnya. Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat memiliki Kinerja Pegawai baik hampir 70% pegawai sudah melakukan sertifikasi baik mengikuti diklat dan workshop. Sedangakan pengembangan karir pegawai sudah optimal yakni upaya yang dilakukan dalam menciptakan kinerja yang baik dan efektif dikantor ini belum optimal, dikarenakan banyak kendala-kendala yang dihadapi. Adapun tujuan Penelitian untuk: 1)Mengindentifikasi kepemimpinan kepala kantor di Kementerian Agama Kabupaten Dharmasaraya Provinsi Sumatera Barat. 2)Mengindentifkasi pengembangan karir pegawai di Kementerian Agama Kabupaten Dharmasaraya Provinsi Sumatera Barat. 3)Menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala kantor kementerian agama terhadap pengembangan karir pegawai di Kementrian Agama Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif studi riset dengan metode deskriptif regresi linier sederhana. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 35 responden. Analisis data yang dilakukan berupa uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis statistik deskriptif, analisis parsial per indikator, uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas), serta uji korelasi (uji regresi linear sederhana, uji T, uji koefesien determinasi). Berdasarkan hasil pengujian secara statistik menunjukkan bahwasanya nilai F hitung = 79.839 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel Kepemimpinan Kepala Kantor Kementerian Agama atau dengan kata lain ada pengaruh variabel Kepemimpinan Kepala Kantor Kementerian Agama (X) terhadap Pengembangan Karir Pegawai (Y). Hasil olah data menjelaskan besarnya nilai korelasi/hubungan R yaitu sebesar 0,841 dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,708, yang mengadung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Kepemimpinan Kepala Kantor Kementerian Agama terhadap variabel terikat (pengembangan karir pegawai adalah sebesar 70,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Pengembangan Karir; Pegawai
Subjects: Education > Organization of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Mutiara Hati
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:32
Last Modified: 20 Aug 2024 06:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93833

Actions (login required)

View Item View Item