Persepsi siswa terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila(P5) hubungannya dengan akhlak terhadap sesama: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kabupaten Bandung

Sartika, Dewi (2024) Persepsi siswa terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila(P5) hubungannya dengan akhlak terhadap sesama: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 2 Cileunyi, bahwa sekolah sudah menerapkan penguatan profil pelajar Pancasila. Adapun pelaksanaan P5 kali ini mengambil tema suara demokrasi dengan harapan agar peserta didik dapat memahami pentingnya berpartisipasi dalam pengambilan keputusan bersama. Namun peserta didik belum mengimplementasikannya dengan baik. Terbukti masih banyak siswa yang tidak menghargai pendapat temannya ketika melakukan musyawarah, peserta didik juga lalai dalam tugasnya dengan asik bermain handphone dan cenderung cuek untuk ikut berpartisipasi dalam bekerja sama, dan mereka masih menganggap pemilihan ketua OSIS itu kegiatan yang tidak penting dan kurang menikmati kegiatan yang berlangsung sehingga sulit diarahkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui realitas persepsi siswa mengenai implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung, (2) mengetahui akhlak siswa terhadap sesama pada kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung, (3) mengetahui hubungan persepsi implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) terhadap akhlak sesama di Kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung. Penelitian ini berangkat dari teori bahwa persepsi merupakan kesan yang diperoleh oleh individu melalui pancaindera kemudian di analisa (diorganisir), di interpretasi dan kemudian dievaluasi, sehingga individu tersebut memperoleh makna. Proyek penguatan profil pelajar pancasila dicetuskan dengan tujuan untuk membentuk dan memperbaiki moral serta akhlak siswa. Sehingga hipotesis yang diajukan adalah semakin positif persepsi siswa terhadap implementasi P5, maka diduga akan timbul akhlak terhadap sesama yang baik pula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sumber penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Cileunyi dengan populasi 382 siswa dan sampel 57 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Realitas Persepsi siswa kelas VIII SMPN 2 Cileunyi terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila termasuk pada kategori cukup yaitu sebesar 3,35 yang berada pada interval 2,6 – 3,5. (2) Realitas Akhlak siswa kelas VIII SMPN 2 Cileunyi terhadap sesama termasuk kategori cukup yaitu sebesar 3.47 yang berada pada interval 2,6 – 3,5. (3) Hubungan persepsi siswa terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan akhlak terhadap sesama termasuk dalam kategori korelasi sedang dengan arah yang positif. Hal ini berdasarkan perolehan pearson correlation 0,483 yang berada pada interval 0,40-0,60. Perolehan uji hiptesis rhitung > rtabel (0,483 > 0,2609) maka Ha diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dengan akhalk terhadap sesama. Adapun kadar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 23,3% dan sisanya 76,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Akhlak Sesama
Subjects: Ethics of Social Relations
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Curricula > Curriculum Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dewi Sartika
Date Deposited: 20 Aug 2024 08:45
Last Modified: 20 Aug 2024 08:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93845

Actions (login required)

View Item View Item