Evaluasi kinerja pegawai di Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat: Studi kasus pada sistem penilaian sasaran kinerja pegawai

Puspita, Mega (2018) Evaluasi kinerja pegawai di Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat: Studi kasus pada sistem penilaian sasaran kinerja pegawai. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA Evaluasi kinerja pada suatu organisasi atau instansi pemerintah merupakan suatu upaya guna mengetahui berbagai kelemahan dan kelebihan terhadap pegawai sebagai landasan memperbaiki segala kelemahan dan menguatkan kelebihan, dalam rangka meningkatkan produktifitas dan pengembangan pegawai. Untuk itu, evaluasi kinerja bisa berjalan dengan penilaian kinerja secara periodik yang berorientasi pada masa lalu atau masa yang akan datang. Penilaian kinerja pegawai dimaksudkan untuk mengetahui apakah bentuk kinerja dari pegawai sudah memenuhi standar kerja yang diharapkan. Kinerja pegawai pada setiap instansi harus dioptimalkan demi tercapainya tujuan instansi tersebut. Oleh sebab itu evaluasi kinerja sangatlah penting dan mendorong kinerja para pegawai untuk terus bisa diperbaiki dengan melihat hasil penilaian kinerja yang diberikan. Dengan menerapkan evaluasi kinerja pada sumber daya manusia yang ada di organisasi atau instansi tersebut, merupakan usaha yang bisa menjawab dari berhasil atau tidaknya tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Evaluasi kinerja pegawai tersebut haruslah dilakukan dalam bentuk penilaian kinerja secara periodik. Suatu instanti pemerintah atau organisasi perangkat daerah yang ada di Provinsi Jawa Barat, yaitu Dinas Sosial telah menerapkan hal demikian mengenai evaluasi kinerja. Evaluasi kinerja pegawai yang diterapkan dengan menggunakan sistem penilaian mengenai sasaran kinerja pegawai (SKP). Pada sasaran kinerja pegawai yang merupakan evaluasi penilaian kinerja dan diterapkan di Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, ialah salah satu unsur reformasi birokrasi. Sehingga upaya mengetahui kinerja pegawai telah memenuhi standar bisa diketahui, dan mendorong kinerja para pegawai untuk terus diperbaiki melihat hasil penilaian kinerja yang diberikan menggunakan sasaran kinerja pegawai tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode penelitian kualitatif. Untuk menentukan cara mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data. Pada penelitian kualitatif yang dilakukan ini bersifat deskriptif, mendeskriptifkan kejadian, kegiatan atau aktivitas pada waktu penelitian dilakukan atau pada masa sekarang yang aktual. Dengan menguraikan menggambarkan, mencatat, menganalisis, menginterpretasikan kejadian-kejadian dan fakta-fakta yang ditemukan menjadi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, evaluasi kinerja di Dinas Sosial sudah berbasis online dengan sistem penilaian menggunakan sasaran kinerja pegawai (SKP). Penggunaannya tersebut dengan mengakses website melalui skp.jabarprov.go.id. Maka mempercepat proses, meningkatkan transparasi, meningkatkan efektifitas pelaksanaan dan meningkatkan efektifitas proses pelaporan penilaian. Akan tetapi sebagian pegawai masih terkendala pemahaman mengenai penggunaannya dan alur pengisian. Pegawai jadi saling mengandalkan atau meminta bantuan pihak lain. Sehingga nilai kesesuaian, kejujuran atau nilai keaslian pengisian data tidak sepadan dengan pegawai yang bersangkutan. ENGLISH Evaluation of performance in an organization or government agency is an effort to know the various weaknesses and advantages to employees as a foundation to fix any weaknesses and strengthen the advantages, in order to improve productivity and employee development. For that, performance evaluation can run with performance appraisal periodically oriented in the past or future. An employee performance appraisal is intended to determine whether the performance form of the employee meets the expected work standards. Performance of employees in each agency must be optimized for the achievement of the purpose of the agency. Therefore, performance evaluation is very important and encourages the performance of employees to continue to be improved by looking at the results of performance appraisal provided. By applying performance evaluation to the existing human resources in the organization or agency, is an effort that can answer from the success or failure of organizational goals that have been determined. The performance evaluation of the employee should be done in the form of performance appraisal periodically. A governmental institu- tion or a regional apparatus organization in West Java Province, ie the Social Service has applied such a thing to performance evaluation. Evaluation of employee performance applied by appraisal system on employee performance targets (SKP). On the employee performance objective which is the evaluation of performance appraisal and applied in Social Service of West Java Province, is one element of bureaucratic reform. So that efforts to know the performance of employees have met the standards can be known, and encourage the performance of employees to continue to improve view performance appraisal results given employee performance goals. The research method used in this research with qualitative research methods. To determine how to search, collect, process and analyze data. In this qualitative research conducted is descriptive, descriptive events, activities or activities at the time of research conducted or in the current present. By describing describe, record, analyze, interpret the events and facts found to be the result of research. The results showed, performance evaluation in the Department of Social has been based online with the assessment system using employee performance targets (SKP). Its use by accessing the website through skp.jabarprov.go.id. It speeds up the process, improves transparency, improves the effectiveness of implementation and improves the effectiveness of the assessment reporting process. However, some employees are still constrained understanding of its use and flow of filling. Employees so rely on each other or ask for help from others. So the value of conformity, honesty or the value of authenticity of charging data is not commensurate with the employees concerned.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Kinerja; Pegawai;
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Public Policy Issues in Education > Public Policy Issues in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: MEGA PUSPITA
Date Deposited: 21 May 2018 04:09
Last Modified: 31 Jan 2019 02:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9387

Actions (login required)

View Item View Item