Digital Marketing UMKM pada pengembangan sumber daya ekonomi masyarakat: Studi pada UMKM di Desa Danasari Kabupaten Ciamis

Nisa, Meylani Dwi Khoirun (2024) Digital Marketing UMKM pada pengembangan sumber daya ekonomi masyarakat: Studi pada UMKM di Desa Danasari Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BABA IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Dilatarbelakangi dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, terciptanya perubahan gaya bisnis dan pengelolaan ekonomi. Maka muncul sistem ekonomi digital dengan salahsatu bagian dari ekonomi digital yaitu digital marketing. Digital marketing merupakan kegiatan dalam proses promosi atau pemasaran produk dan jasa melalui media online atau digital. Penerapan sistem digital marketing ini sudah dilakukan oleh UMKM di Desa Danasari, dengan digunakannya sistem tersebut maka UMKM bisa semakin berinovasi. Semakin banyak dikenalnya UMKM maka semakin pesat juga pendapatan yang diperoleh, dengan begitu terjadinya perkembangan sumber daya ekonomi masyarakat yang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan sistem digital marketing yang dilakukan oleh pelaku (UMKM) di Desa Danasari agar bisa terciptanya perkembangan sumber daya ekonomi masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori fungsionalisme struktural Talcott Parsons. Menurut teori ini, masyarakat memiliki arti sebagai tatanan sosial yang bagian-bagiannya memiliki kaitan dan saling menyatu agar terciptanya keseimbangan. Dengan demikian apabila terjadinya perubahan dalam satu bagian maka akan membawa perubahan juga terhadap bagian lainnya. Terjadinya perkembangan era digitalisasi berakibat kepada proses pemasaran yang dilakukan, maka munculah sistem digital marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptif adalah bagian dari penelitian yang menggunakan data yang dikaji secara logis dan tepat. Digunakannya metode ini karena bertujuan untuk menjelaskan permasalahan atau situasi objek yang sedang diteliti berdasarkan hasil observasi, wawancara dan kondisi nyata yang ada dilapangan. Hasi penelitian menunjukan bahwa hadirnya digital marketing di Desa Danasari menjadi tahap transformasi UMKM dari yang konvensional menjadi lebih modern. Hal ini berpengaruh pada pengembangan Sumber Daya Ekonomi (SDE) masyarakatnya. Karena dengan menggunakan sistem digital produk yang dihasilkan UMKM lebih dapat diakses oleh para konsumen yang tidak terbatas pada wilayah di mana UMKM itu berada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: uUMKM; Digital Marketing; Pengembangan Dumber Daya Ekonomi
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Production, Industrial Economics > International Economic Development In Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Khoirun Nisa Meylani Dwi
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:45
Last Modified: 21 Aug 2024 02:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93871

Actions (login required)

View Item View Item