Hubungan antara Etos Kerja dengan Produktivitas Tenaga Administrasi Madrasah: Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Karawang

Surahman, Azkia Aliayuna (2024) Hubungan antara Etos Kerja dengan Produktivitas Tenaga Administrasi Madrasah: Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Tenaga administrasi madrasah merupakan bagian yang memiliki tanggung jawab dalam menunjang efektivitas administrasi madrasah serta memberikan konstribusi untuk mendukung layanan administrasi guna terselenggaranya proses pendidikan. Tenaga administrasi madrasah harus memiliki kompetensi, salah satunya adalah kompetensi kepribadian yang didalamnya terdapat etos kerja, yang mana ketika etos kerja yang dimiliki tenaga administrasi madrasah maksimal maka tenaga administrasi madrasah akan semakin produktif dalam bekerja atau produktivitas kerjanya menjadi tinggi. Berdasarkan fakta yang didapatkan oleh peneliti Etos Kerja yang dimiliki oleh tenaga administrasi pada Madrasah Aliyah Negeri 1, 2, 3 dan 4 Karawang masih kurang maksimal, dimana masih banyak tenaga administrasi yang lulusannya tidak sesuai dengan pekerjaan atau bidang yang ditekuni yaitu berjumlah 14 tenaga administrasi madrasah dari keempat madrasah tersebut, kepala tenaga administrasi madrasah yang juga merangkap jabatan sebagai kepala tenaga administrasi di dua madrasah seperti Madrasah Aliyah 3 dan 4, kurangnya kesadaran disiplin akan kehadiran tepat waktu di madrasah serta kurangnya pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan tenaga admnistrasi madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Etos Kerja Tenaga Administrasi pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Karawang, 2) Mendeskripsikan Produktivitas Kerja Tenaga Administrasi pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Karawang, 3) Menguji Hubungan antara Etos Kerja dengan Produktivitas Tenaga Administrasi pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode Korelasional. Data penelitian dikumpulkan melalui metode angket atau kuesioner kepada 35 tenaga administrasi madrasah dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang dilakukan berupa uji coba instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji analisis statistik (uji normalitas dan linearitas), dan uji hipotesis (koefisien korelasi dan koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Etos Kerja yang dimiliki oleh Tenaga Administrasi Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Karawang termasuk kedalam kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai rata-rata 4,55, 2) Produktivitas Tenaga Administrasi Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Karawang termasuk kedalam kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai rata-rata 4,34, 3) Hasil perhitungan statistik menggunakan SPSS pada uji korelasi mendapatkan angka 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa antar variabel memiliki hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,818 berada pada rentang 0,810 – 1,000 yang termasuk kedalam “Hubungan yang Sangat Kuat dan Positif”. Hasil dari pengujian koefisien determinasi mendapatkan nilai sebesar 0,668 atau sebesar 66,8% Produktivitas dipengaruhi oleh Etos Kerja Tenaga Administrasi dan 33,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor diluar jangkauan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja; Produktivitas Tenaga Administrasi Madrasah
Subjects: Occupational Ethics > Other Professions and Occupations
Education
Office Services > Office Management
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azkia Aliayuna Surahman
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:49
Last Modified: 22 Aug 2024 08:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93948

Actions (login required)

View Item View Item