Kelompok Usaha Bersama (KUBE) “Binangkit” dalam memberdayakan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis

Maulida, Farida Zulfa Maulida (2024) Kelompok Usaha Bersama (KUBE) “Binangkit” dalam memberdayakan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menciptakan masyarakat yang sejahtera dan berdaya pada faktor ekonomi salah satu solusinya bisa melalui program pemberdayaan pada kewirausahaan. Maka dari itu proses pemberdayaan kewirausahaan dengan program dan juga kegiatan yang berlangsung akan lebih terkendali dan teratur. Pada proses kewirausahaan ini akan menciptakan pekerjaan dan penghasilan yang akan menunjang masyarakan dalam kehidupannya. Akan tetapi untuk melaksanakan proses pemberdayaan ekonomi ini perlu adanya dukungan dan bantuan dari pilak lain melalui program pemberdayaan. Sama halnya dengan yang dilaksanakan oleh Kelompok Usaha Bersama “Binangkit” dalam proses pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Cibeureum. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui program pemberdayaan ekonomi, proses pelaksanaan dan juga hasil dari pemberdayaan ekonomi pada masyarakat yang dilakukan oleh KUBE “Binangkit” untuk membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Landasan pemikiran yang digunakan merupakan teori pemberdayaan dari Edi Suharto bahwa pemberdayaan ekonomi merupakan proses yang mana individu ataupun kelompok masyarakat yang diberikan keahlian untuk mengelola sumber daya ekonomi mereka sendiri. Selain itu teori pemberdayaan dari Totok dan Poerwoko yang mana pemberdayaan sebagai cara untuk mencukupi kebutuhan yang individu atau kelompok dan masyarakat butuhkan supaya mereka bisa memanfaatkan kemampuan dan sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan proses metode dekriptif, dengan mengumpulkan data dari hasil penelitian dengan cara observasi, wawancara, dan juga studi dokumentasi. Pada teknik analisis data ini terdapat langkah-langkah reduksi data yang akan mendapatkan verifikasi dan dapat menarik Kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan adanya proses pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilaksanakan oleh KUBE “Binangkit” ini menjadi sarana proses masyarakat yang tidak mampu bisa berkembang dan dapat memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya, melalui program ini masyarakat mampu berinovasi terhadap usahanya. Dan dengan itu masyarakat bisa berkembang dari wirausahanya demi menciptakan dan meningkatkan kualitas hidupnya dan juga menciptakan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Masyarakat; Kelompok Usaha Bersama; Pemberdayaan Ekonomi.
Subjects: Change
Communities
Socialism and Related Systems
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Farida Zulfa Maulida
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:17
Last Modified: 23 Aug 2024 03:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93986

Actions (login required)

View Item View Item