Pengembangan video keanekaragaman tumbuhan di Hutan Kota Bekasi sebagai media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati

Nurhaliza, Adinda Sulis (2024) Pengembangan video keanekaragaman tumbuhan di Hutan Kota Bekasi sebagai media pembelajaran pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)

Abstract

Hutan Kota Partiot Bina Bangsa Bekasi merupakan salah satu ruang terbuka hijau di Kota Bekasi yang berpotensi dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi khususnya pada materi keanekaragaman tumbuhan. Kurangnya media pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan proses penyampaian materi pembelajaran yang terbatas dan kurang menarik mengakibatkan peserta didik cenderung bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa video keanekaragaman tumbuhan di kawasan hutan kota patriot bina bangsa Bekasi melalui uji validasi dan uji keterbacaan produk. Penelitian pengembangan video ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan model 3D yang dilaksanakan di SMAN 1 Cikarang Barat kepada kelas X-E sebanyak 38 peserta didik. Hasil uji validasi video memperoleh nilai 91% dari ahli materi, 80% dari ahli media, dan 91% dari guru mata pelajaran biologi dengan rata-rata presentase 87% kategori sangat valid. Uji keterbacaan oleh 35 peserta didik kelas X-E mendapatkan nilai 86% dalam kategori sangat baik dan mudah dipahami. Dengan demikian, disimpulkan bahwa video keanekaragaman tumbuhan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi keanelaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Keanekaragaman; Hutan Kota
Subjects: Use of Other Information Media > Reading and Use of Other Information Media by Young People
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Adinda Sulis Nurhaliza
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:58
Last Modified: 23 Aug 2024 06:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94007

Actions (login required)

View Item View Item