Analisis perbandingan kinerja keuangan bank umum syariah sesudah dan sebelum Spinn Off pada aspek Risk Profile dan Earnings: Studi pada PT. BTPN Syariah, PT. Bank Aceh Syariah, dan PT. BPD Nusa Tenggara Barat Syariah

Khatami, Zulfikar (2024) Analisis perbandingan kinerja keuangan bank umum syariah sesudah dan sebelum Spinn Off pada aspek Risk Profile dan Earnings: Studi pada PT. BTPN Syariah, PT. Bank Aceh Syariah, dan PT. BPD Nusa Tenggara Barat Syariah. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)

Abstract

Pemisahaan (spin-off) Unit Usaha Syariah menjadi Bank Umum Syariah pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2023 Pasal 59 Tentang Unit Usaha Syariah tahun 2023 dalam hal bank umum Konvensional memiliki UUS yang nilai asetnya telah mencapai paling sedikit 50% dari total nilai asset bank induknya atau memiliki asset paling sedikit 50 triliun, maka Bank Umum Konvensional dimaksudkan wajib melakukan pemisahaan UUS tersebut menjadi Bank Umum Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak spin-off terhadap kinerja keuangan bank umum syariah di Indonesia, tinjauan literatur menunjukan bahwa kerangka penelitian ini berfokus analisis perbandingan sebelum dan sesudah spin-off pada rasio Non-Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Return on Assets (ROA). Studi ini menggunakan penelitian event study (studi peristiwa) dengan metode kuantitatif dan analisis komparatif dengan mengguakan uji statistic infernsial yaitu uji beda sample paired t-test dan uji beda wilcoxon untuk mengevaluasi perubahan sebelum dan sesudah spin-off pada PT BTPN Syariah, PT Bank Aceh Syariah, dan PT BPD Nusa Tenggara Barat Syariah selama periode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada rasio NPF untuk PT BTPN Syariah dengan Zhitung sebesar -1.214 dan p-value signifikasi sebesar 0.225 dan PT BPD Nusa Tenggara Barat Syariah dengan thitung sebesar 1.820 dan nilai Sig. 0. Namun terdapat perbedaan signifikan pada PT Bank Aceh Syariah, dengan thitung sebesar 3.370 dan nilai Sig. 0.028 setelah spin-off. Untuk rasio FDR, terdapat perbedaan signifikan pada ketiga bank, PT BTPN Syariah dengan t-hitung 2.864, dan nilai Sig 0.046, PT Bank Aceh Syariah t-hitung (9.250) dan nilai Sig (0.001). dan PT BPD Nusa Tenggara Barat hitung. dan signifikasi 0.43 menunjukkan peningkatan agresivitas dalam pemberian pembiayaan setelah spin-off. Pada rasio BOPO, hanya PT BTPN Syariah yang menunjukkan perbedaan signifikan dengan t-hitung 3.135 dan nilai Sig 0.035 peningkatan rasio setelah spin-off, sedangkan dua bank lainnya tidak menunjukkan perubahan signifikan dengan PT Bank Aceh Syariah t-hitung 1.698 dan nilai Sig 0.165. PT BPD Nusa Tenggara Barat Syariah t-hitung 1.724 dan nilai Sig 0.160. Terakhir, pada rasio ROA, PT BTPN Syariah dengan t-hitung 4.055 dan nilai Sig 0.015 dan PT Bank Aceh Syariah t-hitung 8.620 dan nilai Sig0.001 menunjukkan perbedaan signifikan dengan peningkatan kualitas ROA, sementara PT BPD Nusa Tenggara Barat Syariah dengan t-hitung 2.725 dan nilai Sig 0.053 tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Proses spin-off memberikan dampak yang baik pada Bank Umum Syariah. kinerja keunagan pada rasio NPF, FDR, BOPO menunjukan kualitas yang cenderung stabil berada pada ambang nilai yang baik. Sedangkan pada rasio ROA menunjukan peningkatan kualitas kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PERBANDINGAN; KEUNGAN; KINERJA; PERBANKAN; BUS; UUS; RISK PROFILE;; EARNINGS; NPF;FDR; BOPO; ROA
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance > Banks
Financial Economics, Finance > Banking Services
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Agriculture
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Zulfikar Khatami
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:04
Last Modified: 29 Aug 2024 02:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94030

Actions (login required)

View Item View Item