Literasi Al-Qur'an di SMP Negeri 2 Cileunyi

Anggraeni, Yunita (2024) Literasi Al-Qur'an di SMP Negeri 2 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada literasi Al-Qur’an di SMP Negeri 2 Cileunyi, yang menjadi sebuah implementasi dari rencana pendidikan agama di sekolah tersebut. Literasi Al-Qur’an merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter generasi muda Muslim. Namun, minat baca dan pemahaman terhadap Al-Qur'an di kalangan remaja termasuk siswa SMP, cenderung menurun. SMP Negeri 2 Cileunyi, sebagai lembaga pendidikan yang memiliki visi mencetak generasi Qur’ani, menyadari pentingnya meningkatkan literasi Al-Qur’an di kalangan siswanya. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah terkait pelaksanaan kegiatan Literasi Al-Qur’an, perkembangan dan pengaruh adanya kegiatan literasi Al-Qur’an, dan faktor pendukun dan penghambat literasi Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan. Dengan diperoleh berdasarkan peninjauan langsung, wawancara mendalam dengan sekretaris desa Cileunyi kulon, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru kesiswaan, guru PAI, guru mengaji, koordinator guru mengaji, dan siswa, serta analisis dokumentasi terkait kegiatan literasi Al-Qur'an. Teori sosiologi pengetahuan dari Karl Mannheim digunakan sebagai landasan analisis untuk memahami konteks sosial dan makna yang terkait dengan praktik literasi Al-Qur'an di sekolah ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca Al-Qur'an serta mengevaluasi efektivitas program literasi Al-Qur'an yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 2 Cileunyi. Hasil penelitian menunjukkan jika pelaksanaan Literasi Al-Qur'an di SMP Negeri 2 Cileunyi berjalan secara terstruktur, Program ini berkontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang Al-Qur'an dan memperkuat poin-poin keagamaan pada kehidupan sehari-hari. juga memperoleh dorongan penuh dalam pihak sekolah juga komunitas sekitar. Namun, beberapa tantangan seperti keterbatasan waktu, sumber daya dan fasilitas pendukung masih perlu diatasi. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa pemahaman Al-Qur'an di SMP Negeri 2 Cileunyi memberikan fungsi penting dengan terbentuknya kepribadian juga nilai-nilai keagamaan siswa. Penelitian ini juga menekankan pentingnya dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak untuk mengoptimalkan implementasi pemahaman Al-Qur'an. Diharapkan kajian ini memiliki dasar untuk penelitian selanjutnya dalam studi kajian living Qur'an di lingkungan pendidikan lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: literasi Al-Qur'an; living Qur'an, pendidikan agama; sosiologi pengetahuan
Subjects: Islam > Koran
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Yunita Anggraeni
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:33
Last Modified: 27 Aug 2024 02:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94227

Actions (login required)

View Item View Item