Azizah, Wafiq Ayu (2024) Tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran True or False hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas IX SMPN 3 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (26).pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Download (333kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMPN 3 Cileunyi, diperoleh informasi dari Guru PAI bahwa strategi pembelajaran True or False pernah diterapkan pada siswa kelas IX untuk meningkatkan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Strategi ini mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa dapat dilihat dari antusias siswa dalam proses pembelajaran, namun pada pelaksanaannya masih ditemui siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ditandai dengan siswa yang tidak memperhatikan guru, bermain dengan teman, mengobrol, tidak mengerjakan tugas dan PR, tidak semangat untuk berpartisipasi dalam pembelajaran dan ada beberapa siswa yang nilainya masih di bawah KKM (<70). Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan sekaligus melahirkan permasalahan yang penting untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa kelas IX SMPN 3 Cileunyi terhadap penerapan strategi pembelajaran True or False, 2) Realitas motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 3 Cileunyi pada mata pelajaran PAI. 3) Hubungan antara tanggapan siswa kelas IX SMPN 3 Cileunyi terhadap penerapan strategi pembelajaran True or False dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran True or False dapat memengaruhi motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah diduga terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran True or False dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pendekatan rasional untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran True or False termasuk pada kategori positif, berdasarkan skor rata-rata 4,19, berada pada interval 3,40-4,19. 2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk pada kategori tinggi, berdasarkan skor rata-rata 3,95, berada pada interval 3,40 – 4,19. 3) Hubungan tanggapan siswa kelas IX SMPN 3 Cileunyi terhadap penerapan Strategi Pembelajaran True or False dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI yaitu: (a) koefisien korelasinya termasuk pada kategori rendah dengan angka korelasi sebesar 0,36, berada pada interval 0,20 – 0,39, (b) Ho ditolak dan Ha diterima berdasarkan nilai thitung (2,23) > ttabel (2,035) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran True or False dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI, dan (c) pengaruh tanggapan siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran True or False dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI adalah sebesar 13%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran True or False dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan; Strategi Pembelajaran True or False; Motivasi Belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wafiq Ayu Azizah |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:09 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94272 |
Actions (login required)
View Item |