Pengaruh pemanfaatan detik.com sebagai referensi terhadap kemampuan mahasiswa dalam menulis berita: Penelitian pada mahasiswa jurnalistik angkatan 2011 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Azizah, Dea Maltita (2014) Pengaruh pemanfaatan detik.com sebagai referensi terhadap kemampuan mahasiswa dalam menulis berita: Penelitian pada mahasiswa jurnalistik angkatan 2011 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)

Abstract

Media online adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet dan dimaknai sebagai sarana komunikasi maupun pengetahuan. Pemanfaatan media online layaknya perpustakaan dalam mendapatkan informasi, pengetahuan, bahkan menggali ilmu banyak diakses oleh semua kalangan. Salah satunya situs online detik.com, selain sebagai sumber informasi, detik.com juga merupakan sumber referensi online mahasiswa dalam menulis berita. Situs online ini dirasa tepat dapat membantu mahasiswa dalam kemampuannya menulis sebuah berita. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan detik.com sebagai referensi terhadap kemampuan mahasiswa dalam menulis berita pada mahasiswa jurnalistik angkatan 2011 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini dilakukan terhadap 3 pokok masalah yaitu Pertama, adanya pengaruh pemanfaatan judul berita (head line). Kedua, adanya pengaruh pemanfaatan teras berita (lead). Ketiga, adanya pengaruh pemanfaatan isi berita terhadap kemampuan menulis berita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Behaviorisme Skinner, teori pengkondisian operan (operant conditioning). Pengkondisian operan adalah sebentuk pembelajaran dimana konsekuensi-konsekuensi dari perilaku menghasilkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan diulangi. Teori ini berasumsi bahwa tingkah laku bukanlah sekedar respons terhadap stimulus, tetapi merupakan suatu tindakan yang disengaja atau operan yang ditimbulkan oleh perangsang-perangsang tertentu. Penelitian ini juga menggunakan metode studi deskriptif dengan jenis dan analisis data metode kuantitatif. Menurut Isaac dan Michael metode yang bertujuan melukiskan dan mendeskripsikan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Perhitungan menggunakan analisis korelasi untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh Pemanfaatan Detik.com sebagai referensi terhadap kemampuan mahasiswa menulis berita. Sampel yang digunakan sebanyak 55 orang.Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga sampel yang diambil sebanyak 55 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data tersebut menggunakan angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian tersebut yaitu bahwa pengaruh Pemanfaatan Detik.com sebagai referensi cukup berpengaruh terhadap kemampuan mahasiswa dalam menulis berita pada mahasiswa jurnalistik angkatan 2011 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dengan besar pengaruhnya 25%, sedangkan sebesar 75% menunjukkan bahwa pengaruh yang ditimbulkan merupakan faktor dari luar situs online Detik.com.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 30 May 2018 19:13
Last Modified: 30 May 2018 19:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9434

Actions (login required)

View Item View Item