Fenomena dakwah komunitas great muslimah Bandung

Andini, Wini Ruli (2014) Fenomena dakwah komunitas great muslimah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dakwah adalah kegiatan mengajak dan menyeru pada kebaikan dan melarang pada keburukan. Dakwah merupakan kerja dan karya besar yang dilakukan baik secara personal maupun kelompok. Komunitas Great Muslimah sebagai salah satu organisasi dakwah yang berfokus pada muslimah hijrah dalam rangka untuk bertumbuh dan mendekatkan diri kepada Allah. Anggota Great Muslimah terdiri dari latar belakang yang berbeda-beda dan kini jumlah anggota sudah mencapai ratusan. Dakwah bisa dimana saja, begitu pun dengan Komunitas Great Muslimah. Program-program yang dijalankan berfokus pada pertumbuhan diri muslimah dengan mencipta karya dan prestasi. Fakta dakwah Komunitas Great Muslimah Bandung ini menjadi sebuah fenomena baru dalam dunia dakwah Islam Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan lebih jauh menganai fenomena dakwah Komunitas Great Muslimah Bandung dengam mendalami dan terkonsentrasi pada aspek materi, metode dan media dakwah Komunitas Great Muslimah Bandung. Penelitian ini bertitik tolak pada teori dakwah berkenaan dengan unsur-unsur dakwah, tetapi yang difokuskan hanya pada materi dakwah, metode dakwah dan media dakwah. Untuk mengupas penelitian ini, peneliti juga menggunakan teori fenomenologi yang fungsinya memaparkan apa yang nampak dan diamati oleh pancaindra tanpa memberikan hipotesis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode yang memandu peneliti untuk mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber penelitian, menentukan teknik pengumpulan data, dan akhirnya menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi dakwah yang disampaikan Komunitas Great Muslimah mencakup pada pembenahan pola pikir, materi keimanan, keislaman, dan akhlak yang baik. Untuk metode dakwah yang digunakan dibagi menjadi dua yakni metode kedalam, terhadap para anggota Komunitas Great Muslimah dan metode keluar, terhadap muslimah diluar keanggotaan, juga dilihat dari sudut pandang ilmu dakwah metode Komunitas Great Muslimah menggunakan metode bi al-hikmah dan mau’izhah hasanah. Sedangkan untuk media yang digunakan Komunitas Great Muslimah untuk berdakwah terdiri atas; Fanpage Facebook, akun Twitter, website komunitas, radio, televisi, koran pagi, buku, lagu dan karya-karya yang dibuat sendiri oleh para muslimah di Komunitas Great Muslimah Bandung dalam bentuk program Great Muslimah Academy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 30 May 2018 19:31
Last Modified: 30 May 2018 19:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9439

Actions (login required)

View Item View Item