Pebgaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Al-Qur'an hadits terhadap kemampuan berpikir analitis pada materi sistem reproduksi

Anshary, Bella (2024) Pebgaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Al-Qur'an hadits terhadap kemampuan berpikir analitis pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berpikir analitis siswa yang masih rendah dikarenakan kurangnya menghadapi pembelajaran berbasis masalah. Pengintegrasian ayat Al-Qur’an dan Hadits dalam pembelajaran guna menumbuhkan sikap religus siswa terhadap materi Sistem Reproduksi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Al-Quran Hadits terhadap kemampuan berpikir analitis pada materi sistem reproduksi di MA Persis 31 Banjaran. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, metode Quasi Eksperimen yaitu Nonequivalen Control Group Design dengan menerapkan dua kelas XI IPA-1 dan XI IPA-3 dengan subjek penelitian sebanyak 71 siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis keterlaksanaan, uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah hasil pretest - posttest, dan hasil respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru 93%, dan pada aktivitas siswa 95%. Kemudian nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 50,1 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,8. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 54 dan nilai rata-rata posttest sebesar 70,2. Hasil perhitungan statistik uji hipotesis (uji t) menunjukan Sig. 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan hasil kemampuan berpikir analitis pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil angket respon siswa pada kelas eksperimen 79% dan kelas kontrol 73%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Al-Qur’an Hadits berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning Terintegrasi Al-Qur’an Hadits; Kemampuan Berpikir Analitis, Sistem Reproduksi
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Specific Physiological Systems in Animals > Reproductive System of Animals
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Bella B Anshary
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:45
Last Modified: 28 Aug 2024 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94431

Actions (login required)

View Item View Item