Maulana, Muhamad Faisal (2024) Aktivitas Cyber Public Relations melalui akun Instagram Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka: Studi Kualitatif pada Akun Instagram @disparbudmajalengka: Penelitian di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (671kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
Abstract
Internet disebut sebagai dunia baru yang sepenuhnya dapat menarik serta memikat seluruh manusia. Jumlah pengguna internet terus bertambah, terbukti dengan semakin mudahnya mengakses internet oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Instagram sebagai salah satu media sosial yang sedang populer dimasyarakat yang saat ini memiliki perkembangan cukup pesat sebagai sarana penyebaran informasi publik. Populernya instagram ini telah banyak dipergunakan di seluruh pemerintah dunia. Humas Disparbud Kab. Majalengka sudah melakukan kegiatan Cyber Public Relations dengan memanfaatkan instagram sebagai media untuk menyebarluaskan informasi pemerintah kepada masyarakat. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka memiliki akun instagram @disparbudmajalengka dengan jumlah followers 10.800, pengelolaan akun instagram @disparbudmajalengka ini dilakukan oleh Public Relations yang aktif memberikan informasi seperti berita kegiatan internal dan eksternal, kebijakan indtansi dan informasi lengkap. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan cyber public relations di dinas pemerintahan melalui konsep 4C yang digagas oleh Chris Heuer dengan indikator pertama pesan (context), kedua komunikasi (communication), ketiga kolaborasi (collaboration), keempat menjalin hubungan (connection). Penelitian ini dilaksanakan menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualiatif dengan data primer dan sekunder melalui teknik pengumpulan data, yaitu wawancara secara mendalam, observasi pasif dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Aktivitas Cyber Public Relations di Disparbud Kab. Majalengka sudah tepat dalam melakukan pengelolaan media sosial instagram di dinas pemerintahan selaras dengan konsep 4C, dengan indikator sebagai berikut: Pertama membentuk sebuah pesan (context): unit humas Disparbud Kab. Majalengka melakukan penentuan ide konten, pembuatan konten dan menentukan gaya bahasa; Kedua komunikasi dengan audiens (communication): unit humas humas Disparbud Kab. Majalengka melakukan optimalisasi fitur instagram dan mempublikasikan konten; Ketiga berkolaborasi dengan audiens (collaboration): humas Disparbud Kab. Majalengka melakukan penggaetan influencer dan bekerja sama dengan pegawai; Keempat menjalin hubungan dengan audiens (connetion): unit humas Disparbud Kab. Majalengka melakukan interaksi melalui fitur instagram dan melakukan evaluasi setiap kegiatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyber Public Relations; Media Sosial; Instagram; Dinas Pemerintahan |
Subjects: | Special Computer Methods > Online Social Network Islam > Islam and Social Sciences Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction Specific Field of Public Administration > Administration of Social Welfare |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | muhamad faisal maulana |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 01:48 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 01:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94518 |
Actions (login required)
View Item |