Tradisi pembacaan Kitab Al-Barzanji dalam meningkatkan rasa syukur: studi terhadap masyarakat di Kampung Cilongkrang, Desa Sukasari Kaler, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka

Ma'syarulfallah, Dody (2024) Tradisi pembacaan Kitab Al-Barzanji dalam meningkatkan rasa syukur: studi terhadap masyarakat di Kampung Cilongkrang, Desa Sukasari Kaler, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Pembacaan kitab Al-Barzanji identik dengan peringatan maulid Nabi Muhammad saw. mengingat isi kandungan dari kitab itu sendiri menceritakan kisah Nabi Muhammad dari lahir hingga wafat. Kitab Al-Barzanji mampu bertranformasi menjadi bacaan shalawat sehingga di Kampung Cilongkrang, Desa Sukasari Kaler, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, pembacaan kitab Al-Barzanji dilaksanakan pada tradisi-tradisi ritual agama budaya setempat. Kebanyakan, tradisi-tradisi yang berkembang di sana merupakan tradisi pengungkapan rasa syukur kepada tuhannya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembacaan kitab Al-Barzanji dan gambaran rasa syukur pada masyarakat Kampung Cilongkrang Desa Sukasari Kaler Kabupaten Majalengka, serta mengetahui peran pembacaan kitab Al-Barzanji dalam meningkatkan rasa syukur. Untuk menjawab tujuan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Peneliti mengambil dan mengumpulkan data dengan langsung turun ke lapangan untuk melakukan observasi dan wawancara pada narasumber yang telah ditentukan serta berusaha menggambarkan fenomena yang terjadi secara realistik, nyata, dan kekinian. Adapun jenis wawancara yang digunakan peneliti ialah jenis wawancara kualitatif. Artinya peneliti mengajukan pertanyaan-pertanyaaan secara lebih bebas dan leluasa, tanpa terkait oleh suatu susunan pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembacaan kitab Al-Barzanji tidak hanya dilaksanakan pada peringatan maulid saja, tetapi juga sangat relevan dilaksanakan pada tradisi ritual agama budaya seperti tradisi ritual tingkeban/kehamilan, aqiqahan, pernikahan, haulan, ngodiran, dll. Dengan pembacan kitab Al-Barzanji, masyarakat Kampung Cilongkrang mampu memaknai rasa syukur dengan tidak hanya bersyukur menggunakan hati dan lisan, tapi juga menggunakan perbuatan sampai merasa cukup dan berusaha lebih mendekatkan diri pada Allah swt. Pembacaan kitab Al-Barzanji ini juga memiliki nilai-nilai yang potensial sehingga mampu membuat masyarakat di Kampung Cilongkrang merasakan perubahan emosional yang positif serta membuat merasa lebih bersyukur kepada Allah swt.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Barzanji; syukur; tradisi
Subjects: The Book
Books Notable for Ownership and Origin
Philosopy and Psychology
Humankind
Appocrypha, Pseudepigrapha, Intertestamental Works
Text of Sermons
Customs of People
Customs of Life Cycle and Domestic Life
Philosophers and Psychologist Biography
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ma'syarulfallah Dody
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:52
Last Modified: 29 Aug 2024 01:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94534

Actions (login required)

View Item View Item