Malik, Muhammad pasrah Abdul (2024) Pembelajaran agama terhadap korban kekerasan anak: Studi deskriptif di Lembaga Perlindungan Anak. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (2).pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (606kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (907kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini untuk bertujuan untuk menganalisis pemahaman mengenai pengaruh pembelajaran agama terhadap korban kekerasan anak. Kekerasan terhadap anak di bawah umur telah menjadi ancaman di Indonesia. Maraknya kekerasan di Indonesia memaksa setiap orang untuk waspada karena kekerasan terjadi dalam berbagai bentuk seperti penganiayaan terhadap anak, orang dewasa atau remaja yang melakukan kekerasan terhadap anak. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan metode penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori perkembangan anak oleh Elizabeth Hulrlock. Dalam telorinya Hulrlock menjelaskan bahwa pertumbuhan anak mencakup hal-hal yang penting dari pertumbuhan dan perkembangan mereka. Perkembangan fisik anak dari masa bayi hingga masa remaja sangat penting untuk diperhatikan termasuk kemampuan motoric dan kemampuan fisiknya. Teori ini digunakan untuk menganalisis bagaimana pemahaman keagamaan dan pengaruh pembelajaran agama terhadap korban kekerasan anak. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelran agama dalam perlindungan dan kesejahteraan anak sangat penting, karena agama menyediakan nilai-nilai moral dan spiritual yang mendukung tumbuh kembang anak secara holistik. pembelajaran agama di LPA Jawa Barat menggunakan media buku seperti "Aku Anak yang Berani, Bisa Melindungi Diri Sendiri" karya Watiek Ideo (2015) untuk mengajarkan nilai-nilai penting kepada anak-anak. Ketiga, elfektivitas pembelajaran agama terhadap korban kekerasan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Agama; Kekerasan Anak |
Subjects: | Ethical Systems Other Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama |
Depositing User: | Muhammad pasrah Abdul Malik |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 03:11 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 03:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94571 |
Actions (login required)
View Item |