Priatna, Tedi and Wahyudin, Dedih and Hamzah, Nur (2017) Konsep Tuhan dalam Paradigma Pendidikan Islam. Artikel Ilmiah. pp. 1-18. (Unpublished)
|
Text
KONSEP TUHAN DALAM PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam diorientasikan pada upaya mengejawantahkan nilai-nilai Ilahiah dalam pribadi setiap peserta didik; Pendidikan Islam merupakan upaya manusia untuk menginternalisasikan sifat-sifat Allah yang ada pada dirinya; Kekuasaan dan Kemutlakan Allah dalam segala dimensi-Nya harus tampak dalam seluruh komponen pendidikan Islam, baik dalam tujuan, materi, dan komponen pendidikan lainnya; Dimensi kebenaran Allah mengisyaratkan bahwa hanyalah Dia Sumber Kebenaran, melahirkan cara pandang epistemologis tentang apa yang disebut dengan pengetahuan; tidak ada pengetahuan yang dianggap benar jika tidak bersumber dan tidak merujuk tanda-tanda Allah, baik Qauniyah maupun Qauliyah; hal itu berlaku juga dalam epistemologi pendidikan Islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tuhan, Kebenaran, Kekuasaan, Paradigma Pendidikan Islam |
Subjects: | Education > Philosophy and Theory of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tedi Priatna |
Date Deposited: | 22 May 2018 19:16 |
Last Modified: | 22 May 2018 19:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/9461 |
Actions (login required)
View Item |