Dampak wanita yang bekerja di luar negeri pada kehidupan sosial ekonomi keluarga: Studi kasus di Desa Sukajati Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu

Alamsyah, Husni Affan (2024) Dampak wanita yang bekerja di luar negeri pada kehidupan sosial ekonomi keluarga: Studi kasus di Desa Sukajati Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Text (Cover).pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Text (Abstrak).pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Text (Daftar Isi).pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I).pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB IV)
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)

Abstract

Mayoritas masyarakat Desa Sukajati adalah petani, pedagang, pembantu dan buruh harian lepas yang penghasilannya dirasa kurang mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ditambah dengan sempitnya lapangan pekerjaan, susahnya mencari pekerjaan, adanya tekanan dari anggota keluarga, informasi dari TKW sebelumnya, serta adanya budaya kerja yang membuatnya ingin menjadi seorang TKW. Dengan beranggapan bisa mendapatkan kesejahteraan keluarga, ekonomi membaik dan kepunyaan barang berharga. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penyebab banyaknya TKW di Desa Sukajati (2) Mengetahui faktor yang pendukung masyarakat di Desa Sukajati menjadi pekerja migran di luar negeri (3) Mengetahui dampak pekerja migran terhadap aspek sosial ekonomi di Desa Sukajati Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Teori yang digunakan dalam penelitin ini yaitu Teori Pilihan Rasional dari James Coleman, yang menjelaskan fenomena yang bersifat makro ke pendekatan yang bersifat mikro dan ada dua unsur penting dari teori pilihan rasional yaitu aktor dan sumber daya. Aktor disini adalah wanita yang bekerja di luar negeri, sedangkan sumber daya yang dimaksud ialah mendapatkan kesejahteraan keluarga, gaji yang besar. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sukajati Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan kajian pustaka dengan menggunankan beberapa tahap analisis data kualitatif yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode penentuan informan menggunakan teknik Snowball Sampling (bola salju) sebanyak 9 mantan TKW dan 2 informan kunci kepala desa dan pegawai dinasker. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa banyaknya TKW di Desa Sukajati pada tahun 2023 mencapai 268 pekerja, ditambah tahun 2024 periode bulan Mei mencapai 299 pekerja hal ini dikarenakan ekonomi yang rendah di daerah asal, keterbatasan lapangan pekerjaan, tidak mempunyai skill dalam berbisnis, adanya tuntutan keluarga, pengiriman TKW sebelumnya hingga adanya kesempatan kerja diluar negeri. Faktor pendorong TKW di Desa Sukajati meliputi faktor ekonomi, modal usaha, pendidikan anak, dorongan diri sendiri, budaya kerja, adanya keinginan memperbaiki keadaan rumah. Adanya TKW ini memberikan dampak sosial ekonomi, dampak sosialnya Kurangnya kasih sayang orang tua terhadap anak, pendidikan anak yang ditinggalkan, dan keharmonisan rumah tangga. Sedangkan dampak ekonominya meningkatkan pendapatan dan status ekonomi keluarga dan kepemilikan barang berharga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: TKW; Faktor Pendukung; Dampak Sosial Ekonomi
Subjects: Factors Affecting Social Behaviour
Factors Affecting Social Behaviour > Migration
Labor Economics > Women Workers
Labor Economics > Migrant Workers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Husni Affan Alamsyah
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:06
Last Modified: 29 Aug 2024 06:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94611

Actions (login required)

View Item View Item