Pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap layanan pembelajaran: Penelitian di Yayasan Darul Muttaqin Kota Tangerang

Nurlaelah, Siti (2024) Pengaruh manajemen sarana dan prasarana terhadap layanan pembelajaran: Penelitian di Yayasan Darul Muttaqin Kota Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTARK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan sarana dan prasarana yang sangat penting dalam meningkatkan layanan pembelajaran bagi siswa. Oleh karena itu, manajemen yang baik diperlukan untuk mengatur dan mengelola sarana serta prasarana di sekolah, sehingga dapat meningkatkan layanan pembelajaran, termasuk di Yayasan Darul Muttaqin Kota Tangerang. Terungkap bahwa meskipun pengelolaan sarana dan prasarana sudah berjalan, namun belum dilakukan secara maksimal, masih terdapat beberapa kendala dalam pengelolaan sarana dan prasarana di Yayasan tersebut, contohnya seperti belum adanya tenaga profesional yang khusus dalam menangani manajemen sarana dan prasarana di Yayasan tersebut, jadi dalam sistem perencanaan, pengadaan, pengawasan, inventarisasi serta partisipasi guru dan siswa dalam pemeliharaan dan penggunaan sarana prasarana sudah berjalan namum belum optimal. Maka hal tersebut dapat mempengaruhi layanan pembelajaran yang secara tidak langsung dirasakan oleh guru dan peserta didik. Kondisi ini menunjukkan bahwa tingkat manajemen sarana dan prasarana masih perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen sarana dan prasaran terhadap layanan pembelajaran di Yayasan Darul Muttaqin Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian yaitu metode statistik deskpriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu mengguankan angket/kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 40 peserta didik. Kemudian untuk teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), analisis statistic inferensial (analisis pasial indikator dan interpretasi variabel), analisis asumsi (uji normalitas data dan linearitas), uji hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji T parsial, dan uji Koefesien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas variabel (X) manajemen sarana dan prasarana tersebut bernilai 3,11 yang termasuk dalam kategori “Cukup”, karena berada pada interval 2,60 – 3,39. Kemudian hasil realitas variabel (Y) layanan pembelajaran menunjukkan nilai sebesar 3,41 yang termasuk dalam kategori “Tinggi”, karena berada pada kategori 3,40 – 4,19. Selanjutnya hasil keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat penagruh positif dan signifikan manajemen sarana dan prasarana terhadap layanan pembelajaran di Yayasan Darul Muttaqin Kota Tangerang dengan diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 8.614 > ttabel 1.663, sehingga (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,466, artinya besaran pengaruh yang diberikan manajemen sarana dan prasarana dan layanan pembelajaran di Yayasan Darul Muttaqin Kota Tangerang sebesar 46,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana dan Prasarana; Layanan Pembelajaran
Subjects: General Management > Equipment Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Nurlaelah
Date Deposited: 02 Sep 2024 01:50
Last Modified: 02 Sep 2024 01:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94740

Actions (login required)

View Item View Item