Hubungan sikap Qana’ah dengan Self-Acceptance pada remaja : Studi deskriptif siswa kelas XI SMK Negeri Kasomalang

Khoironnisa, Astried (2024) Hubungan sikap Qana’ah dengan Self-Acceptance pada remaja : Studi deskriptif siswa kelas XI SMK Negeri Kasomalang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab 1.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
8_ Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kajian keislaman qana'ah merupakan bagian dari self-acceptance seorang hamba dimana dapat menerima segala ketetapan yang telah allah berikan. Self-acceptance adalah sikap positif terhadap diri sendiri, kesadaran dan penerimaan terhadap berbagai elemen dari diri sendiri, termasuk bagian positif dan negatif dalam diri, serta pengalaman-pengalaman dari masa lalu, Masa remaja adalah masa dimana indidvdu mulai mengenali dirinya pada fase ini, masih banyak remaja yang memiliki self-acceptance rendah terutama siswa usia SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap qana’ah dengan self-acceptance pada remaja Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri Kasomalang Subang yang berjumlah 63 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi (uji normalitas dan uji linearitas), uji deskriptif, dan uji korelasi dengan menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) pada sikap qana’ah, terdapat delapan siswa (12,7%) pada kategori rendah, , 44 siswa (69,8%) kategori Cukup, 11 siswa (17,5%) kategori tinggi 2) pada self-acceptance, delapan siswa (12,7%) pada kategori rendah, 41 siswa (65,1%) kategori sedang, 14 siswa (22,2%) 3) Pada uji korelasi diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0.05 dan nilai correlation coefficient sebesar 0,489 hubungannya terdapat di 0.26 s/d 0.50 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel sikap qana’ah (X) dengan variabel self-acceptance (Y) memiliki korelasi dengan hubungan cukup dan positif. Oleh karena itu, kedua variabel memiliki hubungan yang berarti semakin tinggi sikap qana’ah pada remaja, maka self-acceptance remaja pun tinggi. Begitupun sebaliknya, semakin rendah sikap qana’ah pada remaja, maka self-acceptance remaja pun rendah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Qana’ah; Self-acceptance; Remaja;
Subjects: Psychology
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Astried Khoironnisa
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:00
Last Modified: 30 Aug 2024 07:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94778

Actions (login required)

View Item View Item