Ridwan, Ridwan (2024) Penerapan pembelajaran berbasis Socioscientific Issues untuk mengembangkan keterampilan argumentasi ilmiah pada pembuatan bioetanol dari kulit pisang (Musa sp). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran berbasis socioscientific issues menyoroti permasalahan yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Socioscientific issues memiliki dampak sosial yang mengharuskan peserta didik sebagai generasi penerus di masa depan untuk terlibat dalam dialog, diskusi, debat, dan argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan keterampilan argumentasi ilmiah pada pembuatan bioetanol dari kulit pisang (Musa sp). Metode yang digunakan pre-experimental dengan rancangan one-shot case study. Instrumen penelitian berupa lembar aktivitas peserta didik, lembar kerja peserta didik berbasis socioscientific issues, dan soal tes keterampilan argumentasi ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik pada penerapan pembelajaran berbasis socioscientific issues pada pembuatan bioetanol dari kulit pisang (Musa sp) terlaksana dengan sangat baik dan sesuai tahapan pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 86,3 kategori sangat baik, Kemampuan dalam meyelesaikan lembar kerja berbasis socioscientific issues memperoleh nilai rata-rata sebesar 89 dengan kategori sangat baik. Keterampilan argumentasi ilmiah pada pembuatan bioetanol dari kulit pisang (Musa sp) setelah diterapkannya pembelajaran berbasis socioscientific issues memiliki kualitas argumentasi dengan level 4 yang artinya peserta didik mampu memberikan argumen dengan satu sanggahan yang jelas. Dengan demikian, penerapan pembelajaran berbasis socioscientific issues pada pembuatan bioetanol dari kulit pisang (Musa sp) dapat mengembangkan keterampilan argumentasi ilmiah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bioetanol; keterampilan argumentasi ilmiah; kulit pisang; socioscientific issues |
Subjects: | Procedures, Equipment of Chemistry Organic Chemistry Ecology > Environmental Chemistry Technology of Other Organic Products |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ridwan Ridwan |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 04:14 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 04:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95005 |
Actions (login required)
View Item |