Penerapan pembelajaran berbasis Socioscientific Issues untuk mengembangkan keterampilan argumentasi ilmiah pada pembuatan bioetanol dari kulit pisang (Musa sp)

Ridwan, Ridwan (2024) Penerapan pembelajaran berbasis Socioscientific Issues untuk mengembangkan keterampilan argumentasi ilmiah pada pembuatan bioetanol dari kulit pisang (Musa sp). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran berbasis socioscientific issues menyoroti permasalahan yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Socioscientific issues memiliki dampak sosial yang mengharuskan peserta didik sebagai generasi penerus di masa depan untuk terlibat dalam dialog, diskusi, debat, dan argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan keterampilan argumentasi ilmiah pada pembuatan bioetanol dari kulit pisang (Musa sp). Metode yang digunakan pre-experimental dengan rancangan one-shot case study. Instrumen penelitian berupa lembar aktivitas peserta didik, lembar kerja peserta didik berbasis socioscientific issues, dan soal tes keterampilan argumentasi ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik pada penerapan pembelajaran berbasis socioscientific issues pada pembuatan bioetanol dari kulit pisang (Musa sp) terlaksana dengan sangat baik dan sesuai tahapan pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 86,3 kategori sangat baik, Kemampuan dalam meyelesaikan lembar kerja berbasis socioscientific issues memperoleh nilai rata-rata sebesar 89 dengan kategori sangat baik. Keterampilan argumentasi ilmiah pada pembuatan bioetanol dari kulit pisang (Musa sp) setelah diterapkannya pembelajaran berbasis socioscientific issues memiliki kualitas argumentasi dengan level 4 yang artinya peserta didik mampu memberikan argumen dengan satu sanggahan yang jelas. Dengan demikian, penerapan pembelajaran berbasis socioscientific issues pada pembuatan bioetanol dari kulit pisang (Musa sp) dapat mengembangkan keterampilan argumentasi ilmiah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bioetanol; keterampilan argumentasi ilmiah; kulit pisang; socioscientific issues
Subjects: Procedures, Equipment of Chemistry
Organic Chemistry
Ecology > Environmental Chemistry
Technology of Other Organic Products
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:14
Last Modified: 02 Sep 2024 04:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95005

Actions (login required)

View Item View Item