Penerapan strategi pembelajaran Writing to Learn untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematis dan Self Confidence peserta didik

Syakinah, Mona Maulana (2024) Penerapan strategi pembelajaran Writing to Learn untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Matematis dan Self Confidence peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta self confidence peserta didik yang didukung dari hasil studi pendahuluan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan menerapkan strategi pembelajaran Writing to Learn. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran Writing to Learn terhadap kemampuan komunikasi matematis, (b) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan strategi Writing to Learn dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran ekspositori, dan (c) Untuk mengetahui bagaimana self confidence peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran Writing to Learn. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan populasi sebanyak 10 kelas dan sampel sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes dengan validitas serta reliabilitas yang tinggi dan non tes. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini yaitu: (a) Proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Writing to Learn berada pada kategori sangat baik, (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran Writing to Learn dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran ekspositori, dengan kesimpulan bahwa pembelajaran strategi writing to learn lebih baik daripada ekspositori, (c) Self confidence peserta didik yang mendapatkan strategi pembelajaran Writing to Learn memiliki respon positif yang sangat tinggi. The background of this research is because we need to improve the students mathematical communication skills and self confidence which has supported by preliminary study result. One of alternative to solve this problem is apply the Writing to Learn learning strategy. The purpose of this research are: (a) To knowing how is the learning process usimg the writing to learn learning strategy, (b) To knowing is there a diference in the improvement of mathematical communication skills of students who use the Writing to Learn strategy and students who use expository learning, (c) To knowing how self confidence students who use the Writing to Learn learning sgtrategy. This research is using quasi experiment with 10th class of population and two class for sample. The instruments that used are in the form of tests than valid and reliable with the high value and non-tests. This research was carried out in one of Junior High School in Bandung District for the 2024/2025 Academic Year. The results of this research: (a) The learning process using the Writing to Learn learning strategy is in very good category, (b) There is a difference improving students mathematical communication skills between students who use Writing to Learn learning strategy and students who use is expository learning that writing to learn strategy is better than expository learning, and (c) Self confidence of students who get the Writing to Learn learning strategy has a very high positive response.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Writing to Learn
Subjects: Education, Research
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Mona Maulana Syakinah
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:22
Last Modified: 02 Sep 2024 08:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95090

Actions (login required)

View Item View Item