Kotussyaiah, Faik (2024) Pengelolaan digital Public Relations Lembaga Kemanusiaan Little Project: Studi deskriptif pada akun Instagram @littleproject.idn. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (315kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai macam kegiatan komunikasi di sebuah perusahaan maupun lembaga, khususnya pada bidang public relations. Public relations dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dalam menjalankan perannya di era teknologi digital. Lembaga Kemanusiaan Little Project merupakan salah satu non-governmnetal organizations (NGO) yang beradaptasi di era digital dengan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana dalam memberikan informasi, edukasi, dan sebagai media sosialisasi kepada masyarakat tentang isu kemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan digital public relations melalui media Instagram @littleproject.idn menggunakan The Circular Model of Some for Social Communications oleh Regina Luttrell. Model ini menggunakan empat tahap yang harus dilakukan yaitu share (membagikan), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola), dan engage (melibatkan). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif. Motode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kegiatan digital public relations Lembaga kemanusiaan Little Project pada akun Instagram @littleproject.idn sejalan dengan tahapan dan aspek pada The Circular Model of Some yang terdiri dari (1) Share (membagikan) konten yaitu melalui tahapan pemilihan media yang berfokus menggunakan media sosial Instagram @littleproject.idn untuk membagikan informasi, kemudian menentukan target sasaran (participate) menggunakan advertising pada konten untuk menjangkau demografi secara luas, serta membangun kepercayaan (build trust) dengan update konten setiap hari. (2) Optimize (mengoptimalkan) pesan melalui tiga tahap, yaitu tahap optimalisasi pengemasan konten dengan meminimalisir terjadinya shadow banned pada konten sensitif, tahap mengoptimalkan fitur-fitur, dan tahap kategorisasi jenis konten yang beragam. (3) Manage (mengelola) dengan kegiatan monitoring pada engagement rate yang dihasilkan dan menganalisis konten yang kurang sebagai bahan evaluasi. (4) Engage (melibatkan) yaitu berinteraksi dengan publik dan mendorong keterlibatan audiens. Interaksi dilakukan dengan menjawab komentar dan merespon obrolan melalui direct massage. Mendorong keterlibatan publik dilakukan dengan menyertakan call to action (CTA) pada postingan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Public Relations; Pengelolaan; Instagram; Lembaga Kemanusiaan |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Communications Telemunications |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Faik Kotussyaiah |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 06:26 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 06:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95155 |
Actions (login required)
View Item |