Azahra, Naris Wari Ardya (2024) Denotation, connotation and myth in Ray Ban and Meta Smart Glasses advertisements. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (557kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi makna denotasi dan konotasi serta mengeksplorasi mitos yang terkandung dalam Iklan Ray Ban dan Kacamata Meta Smart melalui pendekatan semiotika. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Roland Barthes. Pertanyaan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana denotasi dan konotasi dikonstruksi untuk mengungkap makna iklan Ray-Ban dan Meta Smart Glasses? (2) Bagaimana mitos-mitos yang terkandung dalam iklan Ray-Ban dan Meta Smart Glasses diidentifikasi? Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari kanal Youtube milik Ray Ban dan Meta. Berdasarkan temuan peneliti, terdapat sebanyak 29 data yang digunakan dari 2 video iklan Ray Ban Meta meliputi, 5 data iklan Introducing of Ray Ban and Meta Smart Glasses Collection dan 24 data iklan Ray Ban Stories. Hasil analisis menunjukan bahwa gambar dan teks secara denotasi menciptakan makna literal menyoroti fitur dan kualitas dari produk. Sedangkan konotasi yang ditemukan berupa pemahahaman makna mendalam dari latar belakang, ekspresi, atau objek seperti skateboard atau pakaian bisa menginterpretasikan suatu kebebasan, kreativitas, dan ekspresi diri. Iklan ini membangun mitos bahwa memiliki kacamata pintar ini dapat meningkatkan gaya hidup dan status sosial seseorang. Iklan ini menggambarkan produk ini bukan hanya sebagai kacamata tetapi sebagai simbol kemajuan, kecanggihan, dan pemberdayaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan motivasi, wawasan dan referensi untuk pembaca dan peneliti kedepannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Denotasi; Konotasi; Mitos; Kacamata Pintar; Iklan |
Subjects: | Philosopy and Theory > Semiotics Linguistics English |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Wari Ardya Naris |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:07 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95181 |
Actions (login required)
View Item |