Denotation, connotation and myth in Ray Ban and Meta Smart Glasses advertisements

Azahra, Naris Wari Ardya (2024) Denotation, connotation and myth in Ray Ban and Meta Smart Glasses advertisements. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi makna denotasi dan konotasi serta mengeksplorasi mitos yang terkandung dalam Iklan Ray Ban dan Kacamata Meta Smart melalui pendekatan semiotika. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Roland Barthes. Pertanyaan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana denotasi dan konotasi dikonstruksi untuk mengungkap makna iklan Ray-Ban dan Meta Smart Glasses? (2) Bagaimana mitos-mitos yang terkandung dalam iklan Ray-Ban dan Meta Smart Glasses diidentifikasi? Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari kanal Youtube milik Ray Ban dan Meta. Berdasarkan temuan peneliti, terdapat sebanyak 29 data yang digunakan dari 2 video iklan Ray Ban Meta meliputi, 5 data iklan Introducing of Ray Ban and Meta Smart Glasses Collection dan 24 data iklan Ray Ban Stories. Hasil analisis menunjukan bahwa gambar dan teks secara denotasi menciptakan makna literal menyoroti fitur dan kualitas dari produk. Sedangkan konotasi yang ditemukan berupa pemahahaman makna mendalam dari latar belakang, ekspresi, atau objek seperti skateboard atau pakaian bisa menginterpretasikan suatu kebebasan, kreativitas, dan ekspresi diri. Iklan ini membangun mitos bahwa memiliki kacamata pintar ini dapat meningkatkan gaya hidup dan status sosial seseorang. Iklan ini menggambarkan produk ini bukan hanya sebagai kacamata tetapi sebagai simbol kemajuan, kecanggihan, dan pemberdayaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan motivasi, wawasan dan referensi untuk pembaca dan peneliti kedepannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Denotasi; Konotasi; Mitos; Kacamata Pintar; Iklan
Subjects: Philosopy and Theory > Semiotics
Linguistics
English
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Wari Ardya Naris
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:07
Last Modified: 02 Sep 2024 07:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95181

Actions (login required)

View Item View Item