Yulianti, Utami (2024) Bimbingan keagamaan melalui program pembinaan dan pembiasaan dalam membentuk akhlakul karimah siswa : Penelitian pada siswa kelas VII di MTsN 1 Sukabumi Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil temuan di lapangan yang dilakukan pada kegiatan bimbingan keagamaan melalui program pembinaan dan pembiasaan dalam membentuk akhlakul karimah siswa. Dengan adanya bimbingan tersebut diharapkan akan tercipta akhlakul karimah siswa baik dari aspek bersikap maupun beribadahnya. Kegiatan bimbingan keagamaan ini ialah pembinaan akhlak dan kepribadian, pembiasaan shalat dzuhur berjama’ah, shalat dhuha, tadarus Al-Qur’an, membaca asmaul husna, berdo’a, infaq dan shadaqah. Penelitian ini berlokasi di MTsN 1 Sukabumi Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program, proses, dan hasil dilaksanakannya Bimbingan Keagamaan Melalui Program Pembinaan Dan Pembiasaan Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di MTsN 1 Sukabumi. Penelitian ini berlandaskan pada teori bimbingan keagamaan, teori pembinaan dan pembiasaan dan teori akhlakul karimah. Digunakannya teori bimbingan keagamaan ini karena kegiatannya menggunakan bimbingan keagamaan, teori pembinaan dan pembiasaan karena menjadi salah satu metode yang digunakan dalam kegiatan, dan teori akhlakul karimah karena tujuan dari program tersebut untuk menjadikan manusia yang berakhlakul karimah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menggambarkan atau menganalisis secara sistematis, factual, dan actual tentang bimbingan keagamaan melalui program pembinaan dan pembiasaan dalam membentuk akhlakul karimah siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan keagamaan melalui program pembinaan dan pembiasaan di MTsN 1 Sukabumi ini yaitu memberikan bimbingan mengenai keagamaan yang didalamnya memberikan pemahaman terkait akhlak dalam bersikap dan beribadah. Proses Bimbingan keagamaan menggunakan beberapa metode dan yang paling utama yaitu metode pembinaan melalui berbagai pembiasaan. Hasil diadakannya bimbingan keagamaan ini menunjukan bahwa terjadi pembentukan akhlakul karimah pada siswa terkhusus pada aspek bersikap dan beribadah. Siswa menjadi bertanggung jawab, disiplin, bahkan menjadi terbiasa melaksanakan ibadah seperti shalat dzuhur berjama’ah, shalat dhuha, tadarus Al-Qur’an, berdo’a, berinfaq dan bershadaqoh. Kata Kunci : Bimbingan keagamaan, pembinaan dan pembiasaan, akhlakul karimah siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan keagamaan; pembinaan dan pembiasaan; akhlakul karimah siswa |
Subjects: | Islam > Islamic Ethics, Practice Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Yulianti Utami |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:07 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95392 |
Actions (login required)
View Item |