Saparina, Gina Septiani (2013) Pengaruh model pembelajaran 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa: Penelitian eksperimen di MTsN Mekarwangi Semester Genap. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (808kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
Abstract
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran 7E dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di MTsN Mekarwangi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah 7E(Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend). Penelitian ini bertujuan untuk menelaah : (a) Gambaran aktivitas siswa dan guru dengan model pembelajaran 7E (b) Perbedaan kemampuan pemahaman matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran 7E dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran 7E. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen tes yaitu pretes dan postes, dan instrumen nontes yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan skala sikap. Setelah dilaksanakan observasi, kemudian data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka diperoleh : (a) Gambaran aktivitas guru dan siswa berdasarkan pengamatan observer yang telah melakukan observasi terhadap aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, terdapat peningkatan aktivitas guru dan siswa menjadi semakin baik (b) Secara statistik nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, sehingga berdasarkan uji hipotesis terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran 7E dan model pembelajaran konvensional (c) Berdasarkan analisis data skala sikap diketahui bahwa sebagian besar siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran dengan model 7E, presentase respon positif siswa yaitu 67% dan presentase respon negatif siswa yaitu 33%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend); pemahaman matematika siswa; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 02:15 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 02:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/954 |
Actions (login required)
View Item |